Kementan Targetkan 3 Kawasan di Sulut Menjadi Surga Holtikultura

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
09 Juli 2018   11:00

Komentar
Kementan Targetkan 3 Kawasan di Sulut Menjadi Surga Holtikultura

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Pertanian (Kementan) mempunyai target tiga kawasan di lereng Gunung Soputan, Sulawesi Utara yaitu Kecamatan Modayak, Modoinding dan Passi (Modasi) menjadi surga holtikultura.  

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara Novly Wowiling mengatakan kawasan Modasi dengan luas lahan 12 ribu hektare sangat prospektif untuk pengembangan hortikultura.

"Sulawesi Utara siap mengamankan pengembangan kawasan hortikultura khususnya dalam menyukseskan program swasembada bawang putih 2021, seperti yang diamanahkan oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman," kata Novly.

Minahasa Selatan yang mengalami pemekaran wilayah pada 2003 itu masih mewarisi potensi pertanian dari daerah induknya, Kabupaten Minahasa. Menurut Kepala Dinas Pertanian Minahasa Selatan Frans Tilaar, Kecamatan Modoinding merupakan penghasil utama kebutuhan sayuran di Kabupaten Minahasa Selatan. 

Baca Lainnya : Murah Banget, di Sini Harga Bawang Putih Hanya Rp6.000 per Kg 

"Kawasan potensial di sini bisa mencapai 6 ribu hektare.  Hampir 70 persen kebutuhan sayuran di Sulawesi Utara disuplai dari Modoinding," ujarnya.

Menurutnya, komoditas yang banyak ditanam adalah kentang, tomat, wortel, jagung, bawang daun, buncis, kubis, cabai dan bawang merah. Frans menilai kawasan Modoinding layak sebagai wilayah pengembangan holtikultura. 

Selain potensi sayuran, Kabupaten Minahasa Selatan yang berada di tepi Laut Sulawesi juga memiliki peluang untuk pengembangan bawang putih, khususnya di Kecamatan Modoinding.

Baca Lainnya : Ingin Sukses Bertanam Hidroponik Sayuran, Ikuti Acara Ini

Dengan lokasi yang berada di ketinggian 1.100 sampai 1.400 meter di atas permukaan laut sangat cocok untuk lahan pertanian bawang putih.

"Kami sangat mendukung program swasembada bawang putih tahun 2021 yang dicanangkan oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Apalagi didukung kondisi geografis Minahasa Selatan yang sangat prospektif untuk pengembangan bawang putih. Harapannya, Kawasan Modasi di Indonesia bagian tengah ini mampu menjadi penyangga bawang putih nasional," jelasnya.

Sementara itu, penyuluh pertanian di Kecamatan Mondoinding, Renly Liow menjelaskan, petani hortikultura di wilayahnya sangat konsisten menjaga pola tanam sayuran meliputi kubis,  bawang daun, kacang merah dan jagung manis. Kebutuhan akan air pun tercukupi karena ada Danau Moat. [NN]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: