Ketika Gunung Agung Kembali Bergeliat di Penghujung Pekan

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
08 Juli 2018   20:31

Komentar
Ketika Gunung Agung Kembali Bergeliat di Penghujung Pekan

Aktivitas Gunung Agung, Minggu (8/7/18) pagi. (Foto : Dok. PVMBG)

Trubus.id -- Trubus.id -- Setelah tidak ada aktivitas letusan selama 36 jam, Gunung Agung hari ini kembali menunjukan geliatnya. Tercatat pada Minggu, gunung ini mengeluarkan kolom abu sebanyak 2 kali, dengan lontaran kolom abu tertinggi 1500 meter ke udara.

"Memang kemarin tidak ada letusan sama sekali, hari ini ada lagi. Jadi kalau dihitung sekitar 36 jam tanpa letusan ya," ujar Kasubid Mitigasi PVMBG Wilayah Timur, Devy Kamil Syahbana, di posko pemantauan Desa Rendang, Karangasem, Bali, Minggu (8/7).

Ia merinci, letusan pertama terjadi pukul 05.22 WITa yang ditandai dengan lontaran kolom asap abu setinggi 1.500 meter mengarah ke barat. Tidak hanya itu, sinar api menyala juga terlihat di puncak kawah ketika letusan terjadi.

Beberapa jam kemudian, pada pukul 10.00 WITa letusan terjadi lagi. Namun, lontara kolom abu kali ini lebih kecil dari sebelumnya yakni hanya setinggi 500 meter.

Devy menambahkan, ia melihat ada kencenderungan penururan aktivitas gunung dari segi energi magmatik. Untuk energi yang dibangun pada tanggal 23-25 Juni lalu telah di lontarkan dengan erupsi tanggal 27 Juni secara eksposif. Selanjutnya, pada tanggal 28-29 material gas juga sudah banyak diemisikan keluar melalui rentetan erupsi dan hembusan.

Baca Lainnya : PVMBG Belum Naikan Status Gunung Agung, Ini Alasannya

"Jadi erupsi-erupsi yang mengiringi setelahnya kemudian mengurangi tekanan yang ada di dalam tubuh Gunung Agung," sambungnya.

Sementara itu dalam 12 jam terakhir, sejak pukul 00.00 WITa hingga 12.00 WITa, PVMBG mencatat sudah terjadi 2 kali erupsi, 8 kali hembusan, 3 kali gempa vulkanik dangkal serta 2 kali gempa tektonik jauh.

Devy menegaskan, meski Intensitas kegempaan menurun dibandingkan pada erupsi tanggal 27 Juni dan 2 Juli lalu, bukan berarti aktivitas gunung agung menurun seterusnya. [KW]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: