Hujan Badai di Jepang Tewaskan 64 Orang

TrubusNews
Karmin Winarta
08 Juli 2018   21:00 WIB

Komentar
Hujan Badai di Jepang Tewaskan 64 Orang

Jepang (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Hujan yang melanda Jepang, memakan korban. Sedikitnya 64 orang dilaporkan meninggal dalam bencana alam ini. Salah satu media di Jepang melaporkan sampai hari Minggu (7/7) jutaan orang meninggalkan rumah setelah air sungai-sungai di banyak wilayah meluap.

Berdasarkan prakiraan cuaca, hujan deras masih akan berlangsung sampai besok.

Hujan deras melanda beberapa wilayah bagian barat Jepang ini menyebabkan tanah longsor dan air di sungai-sungai meluap. Banjir yang biasa terjadi pada bulan Juli ini lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya. Warga yang tinggal di rumah-rumah terjebak bajir dan menyelamatan diri ke atap rumah.  

Pihak berwenang masih memberikan peringatan darurat kepada warga, kemungkinan hujan lebih buruk masih akan terjadi. Curah hujan 300 mm diramalkan akan terjadi pada Senin pagi di beberapa wilayah Shikoku, pulau utama yang paling kecil.

Baca Lainnya: Traveling ke Jepang, Jangan Lupa Mampir ke 5 Restoran Ini

Perintah untuk mengevakuasi sebanyak 2 juta orang masih berlaku meskipun saat ini hujan telah berhenti dan banjir menyusut di beberapa kawasan. 

Seorang pejabat Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengatakan,  sebelumnya Jepang tak pernah mengalami hujan seperti ini. "Ini adalah situasi yang sangat berbahaya, " tambahnya

Sampai saat ini tercatat sedikitnya 64 orang meninggal and 44 hilang. NHK melaporkan,  salah seorang yang meninggal itu adalah anak laki-laki berusia 9 tahun rumahnya tertimbun tanah longsor. Tiga pria lain ayng ada di dalam rumah itu juga dipastikan meninggal, salah satunya  seorang pria berusia 80 tahun lebih.

Sebanyak  54.000 penyelamat dari militer, polisi dan dinas kebakaran dikerahkan ke kawasan-kawasan yang dilanda bencana. Pihak yang berwenang juga telah mendirikan pusat manajemen kedaruratan.

"Masih banyak warga yang hilang, kami bekerja melawan waktu," kata Perdana Menteri Shinzo Abe. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: