Kreatif, UMM Malang Ciptakan Pupuk Organik dari Limbah Tahu

TrubusNews
Karmin Winarta
08 Juli 2018   16:00 WIB

Komentar
Kreatif, UMM Malang Ciptakan Pupuk Organik dari Limbah Tahu

tahu (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Anak uda identik dengan kreatif. Hal ini ditunjukkan oleh mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berhasil menciptakan pupuk organik dari  limbah tahu. Pupuk yang dihasilkan ini khusus untuk tanaman microgreen, hydrilla dan hidrogel.

Namanya Nasihul Mukmin. Laki-laki ini menamai pupuk organik ciptaanya dengan "Vegredilla". Kepada media di Malang, Minggu (8/7) ia mengatakan, ide ini  berawal dari keresahannya soal lahan yang kian hari kian menyempit untuk menanam.

Baca Lainnya: Kuliah Kewirausahaan Berdampak Positif Tumbuhkan Jiwa Enterpreneur Mahasiswa

"Kami menemukan data, konsumsi sayuran masyarakat kita mengalami peningkatan. Oleh karena itu, kami mencafri cara bagaimana agar bisa menciptakan inovasi yang sesuai dengan kedua kondisi tersebut," katanya.

Ia menambahkan, hasil dari pengolahan limbah tahu menjadi pupuk organik dirasa cocok dan terbukti mampu meningkatkan nilai nutrisi tanaman yang menggunakan pupuk tersebut.

Tak sendiri, ia bersama Sarabila Karima, mahasiswa Program Studi Agribisnis melakukan proyek kreatif ini. Temuannya yang inovatif ini telah teruji dengan terpilihnya mereka sebagai Juara 1 dalam ajang Agrifasco 2018 yang diadakan di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Januari lalu.

Baca Lainnya: 59 Universitas Siap Cetak Mahasiswa Jadi Pengusaha Kekinian

Tim UMM berhasil menjadi juara setelah mengalahkan berbagai inovasi lain dari seluruh universitas di Indonesia yang berpartisipasi dalam Agrifasco.

Dosen pendamping tim Vegredilla UMM, Erfan Dani Septia mengakui capaian mahasiswanya ini luar biasa. Meskipun juara bukan menjadi target utama, hasil ini menjadi bonus usaha yang selama ini dilakukan.[KW]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: