Masrutam, Masker Anti Jerawat Ciptaaan Mahasiswa IPB

TrubusNews
Karmin Winarta
08 Juli 2018   10:30 WIB

Komentar
Masrutam, Masker Anti Jerawat Ciptaaan Mahasiswa IPB

Masker wajah ciptaan mahasiswa IPB (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kosmetik kini telah menjadi kebutuhan pokok bagi para perempuan, khususnya untuk perawatan wajah. Namun banyak beredar di pasaran kosmetik yang tidak aman bagi kesehatan. Beberapa waktu lalu BPOM mernarik 26 merek kosmetik karena mengandung bahan berbahaya..Salah satunya mengandung merkuri yang bisa memicu kanker. 

Kondisi ini membuat tiga mahasisw Institut Pertanian Bogor (IPB)  menciptakan inovasi yang menarik untuk mengatasi hal tersebut. Tiga mahasiswa ini menciptakan masker dari bahan-bahan alami yang tidak berbahaya bagi kesehatan pemakainya. Selain itu masker ini juga ramah lingkungan.

Tiga mahasiswa itu adalah Bintang Efrata Aprilia, Andika Fransiskayana dan Mutiara Rahmawati. Dengan bimbingan  Prof. Nurjanah mereka berhasil memanfaatkan bahan alam yaitu rumput laut dan limbah alami ampas teh untuk produk kecantikan.

Baca Lainnya: Inilah Daftar Lengkap Kosmetik Berbahaya 2017 Menurut BPOM

Karena berasal dari bahan alami rumput laut (Sargassum sp.) dan ampas teh (Eucheuma cottonii), maka produknya dinamai Masrutam. Mereka melakukan riset setelah berhasil mendapat pendanaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di bidang penelitian.

Masker  ini telah diteliti mampu mencegah dan menghilangkan pertumbuhan bakteri penyebab utama jerawat yaitu Propionibacterium acnes.

Dalam penelitian ditemukan, dalam rumput laut terdapat komponen senyawa aktif polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. senyawa yang sama ditemukan juga pada ampas teh.  

Karena itu Masrutam bisa dijadikan solusi yang bermanfaat untuk melembutkan kulit wajah dan mampu melindungi wajah dari sinar matahari. Memakai masker ini selain wajah bebas jerawat juga aman untuk kesehatan dan ramah lingkungan.

Harganya, cukup ekonomis. [KW] 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: