Waspada, Ombak di Selat Karimata Hari Ini Bisa Capai Empat 4 Meter

TrubusNews
Ihsan Maulana
08 Juli 2018   09:58 WIB

Komentar
Waspada, Ombak di Selat Karimata Hari Ini Bisa Capai Empat 4 Meter

Ilustrasi (Foto : Pixabay/NeuPaddy)

Trubus.id -- Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, saat ini telah mengeluarkan peringatan dini, akan adanya potensi gelombang di perairan Selat Karimata Minggu (8/7). Potensi gelombang ini sangat berbahaya karena bisa mencapai empat meter.

"Gelombang perairan setinggi empat meter itu harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan," ungkap prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Evi Diana.

Baca Lainnya : Potensi Gelombang Laut 3,5 Meter, Basarnas Jogja Siaga di Pantai Selatan

Tidak hanya di Selat Selat Karimata, BMKG juga meminta masyarakat atau nelayan untuk mewaspadai gelombang yang bisa mencapai 2,5 meter di perairan Selat Gelasa dan Utara Bangka.

Meski demikian, tinggi gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprediksi berada di antara 0,25 meter hingga 0,75 meter, di Selatan Bangka 0,25 meter hingga 1,0 meter. Kemudian, ketinggian gelombang di Selat Gelasa dan Utara Bangka dapat mencapai 0,5 meter hingga 1,25 meter, lalu di Selat Karimata bisa mencapai 0,75 meter sampai 2,0 meter.

"Ini dengan asumsi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Selat Gelasa, Utara Bangka dan Selat Karimata dapat mencapai 2,5 sampai 4,0 meter," lanjut Evi.

BMKG juga mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi awan petir (Cumulonimbus), yang dapat menyebabkan tinggi gelombang bertambah. Sementara, kecepatan angin di jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar 8 hingga 40 km/jam yang bergerak dari Timur ke Selatan.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Jagung Provit Alternatif Bahan Pangan Sehat

Inovasi   28 Sep 2020 - 20:52 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: