Komunitas Peduli Alam Bengkulu Lepas Puluhan Tukik ke Laut

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
06 Juli 2018   21:30

Komentar
Komunitas Peduli Alam Bengkulu Lepas Puluhan Tukik ke Laut

Tukik (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Tukik, hewan yang biasa hidup di lautan ini keberadaannya kian memprihatinkan karena jumlahnya terus menurun setiap tahunnya. Untuk menjaga kelestarian tukik di lautan, anggota Forum Pemuda Peduli Bengkulu (FPBB) melepasliarkan puluhan tukik jenis lekang (Lepidochelys olivacea) dan sisik (Eretmochelys imbricata) di Pantai Tapak Paderi, Bengkulu.

Ketua Koordinator FPBB Feri Vandalis bersama anggotanya melepasliarkan masing-masing jenis sebanyak 30 ekor.

"Kegiatan ini bertujuan mengajak seluruh elemen terutama pemuda untuk mengenal lebih dekat tentang konservasi dan pelestarian penyu sebagai spesies dilindungi," katanya di Bengkulu, Jumat (6/7).

Ia mengatakan pelepasliaran tukik untuk menjaga habitatnya di alam ini hasil kerja sama dengan lembaga nonpemerintah Lestari Alam Laut untuk Negeri (Latun) Bengkulu yang membuat penangkaran penyu di sekitar pantai tersebut.

Baca Lainnya: 7 Selebriti Pencinta Lingkungan, Siapakah Mereka?

Tak hanya melakukan pelepasliaran tukik, komunitas FPBB juga membuat tiga sarang menyerupai habitat aslinya di alam.

Telur penyu yang ditetaskan di sarang buatan tersebut berasal dari warga dan para nelayan yang menyerahkan secara sukarela untuk ditetaskan.

“Kami menggandeng para nelayan yang sering menemukan telur penyu di habitat alaminya dan ditangkar di sarang penetasan,” papar Koordinator Latun Bengkulu Ari Anggoro.

Lebih lanjut ia mengatakan para nelayan yang sudah bergabung dengan Latun dalam pelestarian penyu, antara lain berasal dari nelayan Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Mukomuko, dan Kaur.

Penetasan telur penyu di sarang buatan tersebut, dikatakan Ari terbilang sukses. Selain itu, kegiatan tersebut menjadi media pembelajaran bagi masyarakat untuk mengenal pelestarian penyu. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Rumah Warga Aceh di Rusak Kawanan Gajah Liar

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: