Warga Sampit Temukan Bekantan Lumpuh, Ulah Siapa?

TrubusNews
Ihsan Maulana
05 Juli 2018   18:16 WIB

Komentar
Warga Sampit Temukan Bekantan Lumpuh, Ulah Siapa?

Bekantan, ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sejumlah warga Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, baru-baru ini menemukan seekor bekantan jantan dewasa (Nasalis larvatus) lumpuh dan hampir tidak bisa bergerak.

"Saat ditemukan warga, kedua kaki bekantan itu sudah lumpuh dan dikerumuni semut api," ujar Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalteng, Pos Jaga Sampit, Muriansyah di Sampit, Kamis (5/7).

Ia merinci, satwa dilindungi itu ditemukan di Kelurahan Tanah Mas, Kecamatan Baamang oleh seorang warga bernama Abdurrahman.

Baca Lainnya: Makan Berlimpah, Populasi Bekantan di TWA Pulang Kembang Terus Bertambah

Kemudian, Bekantan ini dibawa pulang oleh Abdurrahman, lalu ia melaporkannya kepada aparatur desa dan BKSDA. Pada Kamis pagi tadi, bekantan itu diserahkan kepada BKSDA Pos Jaga Sampit.

"Dari bagian pinggang ke bawah tidak bisa bergerak, tapi tidak ditemukan luka bekas benda tajam. Besok setelah sampai di Pangkalan Bun, rencananya langsung diperiksa ke Yayasan OFI," papar Muriansyah.

Rencananya, bekantan jantan akan dibawa ke kantor BKSDA di Pangkalan Bun pada Jumat (6/7) esok untuk menjalani observasi lebih lanjut. Apabila hewan eksotik ini]sudah sehat dan dinyatakan siap hidup di alam, maka akan dilepasliarkan kembali ke habitatnya. [KW]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: