DKI Akan Impor 10 Ribu Ton Bawang Putih dari China

TrubusNews
Ihsan Maulana
05 Juli 2018   18:30 WIB

Komentar
DKI Akan Impor  10 Ribu Ton Bawang Putih dari China

Ilustrasi (Foto : Trubus.id / Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya, akan segera mengimpor komoditas bawang putih. Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Arif Prasetyo menyebutkan, pihaknya telah memiliki izin impor sejumlah 10.000 ton bawang putih. 

Namun, ia menjelaskan impor itu tidak dilakukan sekaligus, namun akan bertahap mulai bulan Juli ini. Untuk tahap pertama, akan dilakukan impor sebanyak 290 ton, sampai pada akhir tahun mencapai 10.000 ton.

Baca Lainnya : Dengan Bibit Asal Taiwan, Produksi Bawang Putih Bisa Alami Peningkatan

"Ya, jadi rencana Juli ini sudah mulai coba masuk 10 kontainer. Satu kontainer isinya 29 ton, jadi itu totalnya 290 ton," ujar Arif ketika dihubungi awak media, Kamis (5/7).

Arief membeberkan, bawang putih impor tersebut dipasok dari negara China. Selain itu, kebijakan impor bawang putih ini juga dibarengi dengan kewajiban tanam bibit bawang putih sebanyak 5% dari total kuota impor, sesuai dengan peraturan Kementerian Pertanian.

Baca Lainnya : Tutup Pintu Lima Importir, Kementan Serahkan Kewenangan Bisnis bawang Putih kepada BUMD

"Jadi ini paralel ya, saat kita impor kita juga bakal tanam. Totalnya akan ada 1000 ton yang kita tanam," tandasnya.

Arief juga menjelaskan, keputusan impor ini bertujuan untuk menjaga stabilitas harga dan stok khususnya di kawasan ibukota. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: