Petani Kakao di Kolaka Utara Dapat Program Revitalisasi Jutaan Bibit

TrubusNews
Ihsan Maulana
05 Juli 2018   22:30 WIB

Komentar
Petani Kakao di Kolaka Utara Dapat Program Revitalisasi Jutaan Bibit

Ilustrasi (Foto : Pixabay/dghchocolatier)

Trubus.id -- Para petani kakao di Kabupaten Kolaka Utara tahun ini akan mendapat program peremajaan (revitalisasi), yang berjumlah jutaan bibit kakao yang tersebar di 15 Kecamatan.

Kadis Pertanian dan Perkebunan Kolaka Utara, Syamsul Rizal menyebutkan, program peremajaan bibit kakao beralokasi dari dana APBD dan APBN 2018.

"Yang jelas, tahun 2018 ini atau paling lambat November mendatang, penyaluran bibit kakao yang totalnya berkisar tiga jutaan bibit kakao beserta pupuk kepada petani akan terealisasi," tulis Syamsul dalam keteranganya kepada wartawan, Kamis (5/7).

Baca Lainnya : Penghasil Kakao Terbesar di Dunia, Tapi Produktivitas Kakao Indonesia Minim

Ia merinci, program revitalisasi kakao tahun 2018 ini, sekitar 3.200 hektare dari dana APBD dan 1.500 hektare sisanya dari dana APBN.

Sebelumnya, Pemkab Kolaka Utara yang terdiri dari bupati dan wakil bupati berikut istansi terkait sudah meninjau pembibitan kakao di desa Awo, Kecamatan Kodeoha dengan tujuan untuk memastikan titik pembibitan kakao yang akan dilakukan.

Baca Lainnya : Sejarah Tanaman Kakao (Cokelat) di Indonesia, Bibitnya dari Venezuela

Lokasi pembibitan kakao di Kolaka Utara, tersebar dalam beberapa kecamatan yaitu, di Desa Totallang Kecamatan Lasusua, (target satu juta pohon bibit kakao), Desa Awo Kecamatan Kodeoha (target satu juta pohon kakao), dan desa Powalaa Kecamatan Pakue Tengah, (target satu juta pohon bibit kakao).

"Kami prediksi akhir tahun ini bibit kakao bisa dibagikan kepada petani beserta pupuk, karena di bulan Agustus nanti bibit kakao ini diadakan penyabungan bibit, dengan intris berkualitas dalam jangka tiga bulan, bibit kakao ini siap di salurkan ke warga petani yang tersebar di 133 desa dan kelurahan di Kolut," tutupnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: