Musim Kemarau, Saatnya Petani Produksi Pupuk Organik

TrubusNews
Ihsan Maulana
04 Juli 2018   17:00 WIB

Komentar
Musim Kemarau, Saatnya Petani Produksi Pupuk Organik

Pupuk Organik (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Musim kemarau saat ini, para petani yang menerapkan sistem pertanian terpadu diimbau bisa memproses pupuk organik.

"Jadi musim kemarau ini bisa dimanfaatkan untuk memproses pupuk organik, untuk diaplikasikan nanti pada saat awal tanam," ujar salah satu dosen Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Ir. Supartoto, M.Agr.Sc, di Purwokerto, Rabu (4/7).

Ia menambahkan, upaya ini bisa dilakukan terutama pada petani yang memadukan pertanian dan peternakan.

Sehingga, kotoran dari hewan ternak sapi dan kerbau, bisa diproses menjadi pupuk organik yang tentu memiliki banyak manfaat. Selain ramah lingkungan, pupuk organik ini juga bisa menyuburkan lahan pertanian dan menangkal serangan hama.

Baca Lainnya: Budidaya Pepaya Merah Delima Untungnya Dahsyat

Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan petani.

"Nah dalam pertanian terpadu, ada keterkaitan input produksi antarkomoditas yang diusahakan, contohnya limbah ternak bisa untuk pupuk tanaman, dan sebaliknya limbah tanaman bisa untuk pakan ternak," imbuhnya.

Untuk itu, para petani perlu didorong bisa menerapkan sistem pertanian terpadu, mengingat ada dampak yang positif. Terutama pada petani yang memiliki lahan sempit.

"Pemerintah daerah perlu meningkatkan sosialisasinya, melakukan pendampingan, serta memfasilitasi petani agar mampu menerapkan sistem pertanian terpadu," harapnya.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: