Debu Vulkanik Gunung Agung Tiba, Pemkab Banyuwangi Bagikan Masker Lagi

TrubusNews
Ihsan Maulana
03 Juli 2018   19:15 WIB

Komentar
Debu Vulkanik Gunung Agung Tiba, Pemkab Banyuwangi Bagikan Masker Lagi

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Erupsi Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali beberapa waktu belakangan, cukup berdampak di wilayah yang berada di seklilingnya. Di Kawasan Banyuwangi saja, debu vulkanis mulai turun menutupi udara.

Karena itu, guna mengantisipasi dampak kesehatan yang bisa timbul akibat paparan debu vulkanik ini, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sudah membagikan masker gratis kepada warga dan para pengguna jalan.

Baca Lainnya : Agar Masyarakat Terhindar dari Bahaya Abu Vulkanik Gunung Agung, Ini Langkah PMI

"Kami warga Banyuwangi terus berdoa dan selalu bersama warga Pulau Bali. Semoga Pulau Bali senantiasa nyaman dan aman, semua warganya terlindungi," ungkap Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas kepada wartawan, Selasa (3/7). 

Azwar menegaskan, pihaknya telah membagikan ribuan masker kepada masyarakat Banyuwangi sejak erupsi Gunung Agung terjadi beberapa hari belakangan ini.

"Ya, dinas terkait telah mulai membagikan masker gratis. Hari ini kita bagikan 8.000 masker, dan siap ditambah lagi," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr. Widji Lestariono menjelaskan, pembagian masker gratis ini bertujuan untuk mengkampanyekan kepada masyarakat Banyuwangi, dalam menjaga kesehatan di tengah gejala alam.

Baca Lainnya : Pantauan BMKG, Debu Vulkanik Gunung Agung Tak Terdeteksi Satelit

"Ini sebagai bentuk edukasi pada masyarakat, karena saat ini abu Gunung Agung sudah mencapai Banyuwangi, jadi perlu menjaga kesehatan, terutama penapasan," jelasnya.

Warga Banyuwangi juga diimbau untuk membatasi diri, dalam beraktivitas di luar ruangan seiring meningkatnya aktivitas Gunung Agung.

"Apabila harus keluar rumah, usahakan gunakan masker. Apalagi jika mengendarai motor," tutupnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: