Mentan Ajak Iran, Investasi dan Kerja Sama Komoditas Pangan 

TrubusNews
Ihsan Maulana
03 Juli 2018   17:15 WIB

Komentar
Mentan Ajak Iran, Investasi dan Kerja Sama Komoditas Pangan 

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman menerima Duta Besar Iran untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN, Valoillah Mohammadi, di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (3/7). (Foto : Doc/ Kementan RI)

Trubus.id -- Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, menerima langsung kunjungan Duta Besar Iran untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN, Valoillah Mohammadi, di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (3/7). Dalam kesempatan itu, Amran mengajak pemerintah Iran untuk bisa berinvestasi dan kerja sama ekspor impor terkait komoditi pangan.

"Saya ajak investasi di Indonesia, kita bicarakan bagaimana share modalnya. Mereka menawarkan juga gandum dengan harga yang kompetitif dibanding Australia. Sementara kita tawarkan sapi, gula, jagung. Juga edukasi water management dalam hal budidaya gandum," papar Amran, Selasa (3/7). 

Baca Lainnya : Ditawari Impor Jagung oleh Dubes Rusia, Ini Jawaban Menteri Pertanian Indonesia

Ia berharap, pada tahun depan kerja sama tersebut sudah bisa berjalan.

"Mereka juga menanyakan syarat-syarat dari mulai share-nya, dari pengusaha lokal berapa lalu dari pengusaha Iran berapa, dan barang apa saja yang akan didatangkan. Mudah-mudahan tahun depan sudah deal. Agar harga bisa bersaing," tandasnya.

Sementara itu, Dubes Mohammadi menjelaskan, kerja sama pertanian dengan Indonesia menjadi penting dan sangat strategis. Terlebih, Indonesia memiliki komoditas pangan yang beraneka ragam.

Baca Lainnya : Muhammad Ibnu Said, Dubes Indonesia untuk Denmark: Ketahanan Pangan Itu Mutlak

"Sekarang kami menjalankan industri gandum yang cukup besar, Indonesia juga memiliki komoditi yang beraneka ragam. Sehingga akan diperlukan kerja sama yang baik," paparnya.

Selain itu, pemerintah Iran juga berencana akan mengekspor berbagai macam buah, kurma, serta beberapa rempah-rempah.

"Untuk itu, kami telah berdiskusi dengan menteri mengenai kerja sama yang akan dilakukan antara Iran dan Indonesia. Semuanya masih dalam tahap persetujuan," tutup Mohammadi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: