Mulai Hari Ini, Pusat Perbelanjaan di Balikpapan Dilarang Gunakan Plastik Sekali Pakai

TrubusNews
Ihsan Maulana
03 Juli 2018   15:45 WIB

Komentar
Mulai Hari Ini, Pusat Perbelanjaan di Balikpapan Dilarang Gunakan Plastik Sekali Pakai

Ilustrasi (Foto : Pixabay/cocoparisienne)

Trubus.id -- Pemerintah Kota Balikpapan akhirnya resmi membatasi penggunaan kantung plastik sekali pakai, terutama yang ada di pusat-pusat perbelanjaan. Upaya pembatasan penggunaan kantung plastik ini tertuang dalam Peraturan Wali Kota Balikpapan Nomor 8 Tahun 2018 yang mulai diberlakukan sejak Selasa (3/7).

"Jadi ini adalah salah satu ikhtiar Balikpapan untuk lingkungan. Saat ini masyarakat sudah sangat ketergantungan menggunakan kantung plastik, dengan peraturan ini kami harapkan masyarakat sadar dan mulai mengubah gaya hidupnya," ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Selasa (3/7).

Ia menegaskan, sampai saat ini pembatasan pemakaian kantung plastik baru mencakup pusat belanja dan toko ritel saja. Namun ke depannya, Balikpapan ingin membatasi penggunaan kantung plastik sampai ke pasar tradisional.

Baca Lainnya : Kota Ini Mulai Haramkan Pemakaian Sedotan dan Alat Makan Plastik

Baca Lainnya : Menelisik, Alternatif Asyik Pengganti Sedotan Plastik

Dalam langkah awal, Kota Balikpapan memilih menerapkan peraturan pembatasan kantung plastik pada pusat belanja dan toko ritel, karena saat ini cukup banyak masyarakat memilih berbelanja di pusat perbelanjaan.

Dengan pemberlakuan peraturan ini, seluruh toko ritel di Balikpapan tidak akan lagi menyediakan kantung belanja plastik sekali pakai, sehingga masyarakat harus membawa kantung sendiri untuk membawa belanjaan, atau membeli kantung yang bisa dipakai berulang di tempat belanja.

"Untuk toko yang melanggar, maka ada sanksi yang akan diberikan secara bertahap, dari teguran hingga yang paling keras larangan toko untuk beroperasi," imbuhnya. [RN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Tung Dasem Bagikan 4 Resep Atasi dan Pulih dari Virus Corona

Peristiwa   01 Juni 2020 - 16:39 WIB
Bagikan:          
Bagikan: