Luhut Panjaitan Ingin 59 Pelabuhan di Danau Toba Dibenahi

TrubusNews
Karmin Winarta
03 Juli 2018   11:18 WIB

Komentar
Luhut Panjaitan Ingin 59 Pelabuhan di Danau Toba Dibenahi

Luhut Panjaitan (Foto : Reza Perdana)

Trubus.id -- Menteri Koordinator Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, dari hasil laporan Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, ada 59 pelabuhan yang ada di Danau Toba. 

"Ke depannya, saya ingin semua pelabuhan yang ada di Danau Toba tersebut ditata dengan baik," kata Luhut saat berkunjung ke Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, Senin (2/7/2018).

Mantan Menko Polhukam itu juga mengungkapkan, saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya membenahi transportasi di Danau Toba. Nantinya ada empat kapal feri yang akan dibangun di sana. 

"Kami juga harus mengakui, ada keterlambatan kita dalam membangun feri. Walaupun sebenarnya feri yang pertama sudah selesai pada Oktober tahun ini, dan disusul feri kedua, ketiga, dan keempat," ungkapnya.

Luhut menyebut, setelah itu pemerintah akan melakukan perbaikan, mulai dari manifest dan KIR untuk kapal. Hal ini untuk mencegah terjadi kejadian seperti yang dialami Kapal Motor Sinar Bangun.

Sebelumnya Luhut Binsar Panjaitan berkunjung ke Danau Toba. Dalam kunjungannya, Luhut melakukan tabur bunga di lokasi tempat tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun.

"Saya turut berduka cita. Semoga kejadian seperti ini tidak terulang kembali," kata Luhut.

Sebelum melakukan tabur bunga, Luhut berkunjung ke Pelabuhan Tigaras di Kabupaten Simalungun. Dalam kunjungannya, Luhut ingin melihat proses evakuasi yang dilakukan tim SAR gabungan.

Untuk diketahui, KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba dalam pelayaran dari Pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir, menuju Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun pada Senin (18/6/2018).

Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 24 orang, 21 orang dievakuasi dalam keadaan selamat dan 3 orang meninggal dunia. Masih ada 164 orang dinyatakan hilang di perairan Danau Toba. (KW)

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: