Ini Tanggapan Luhut Terkait Rencana Pembangunan Monumen Korban KM Sinar Bangun

TrubusNews
Binsar Marulitua
02 Juli 2018   20:45 WIB

Komentar
Ini Tanggapan Luhut Terkait Rencana Pembangunan Monumen Korban KM Sinar Bangun

Menko Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menko bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengapresiasi dan mendukung rencana Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara untuk mendirikan monumen tragedi kapal tenggelam di Danau Toba.

"Kalau bisa didisain dengan bagus, jangan asal dibangun supaya menjadi kenangan yang baik," kata Luhut saat meninjau Posko Basarnas di Pelabuhan Tiga Ras Kabupaten Simalungun, Senin (2/7).

Baca Lainnya : Kenang Korban KM Sinar Bangun, Sebuah Monumen Akan Dibangun di Danau Toba

Monumen yang akan menjadi pertanda dan kenangan musibah tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun ini diharapkan bisa mengobati rindu para keluarga korban dan dijadikan titik pusat untuk mendoakan para korban sesuai agama masing-masing.

Bupati Simalungun, JR Saragih mengatakan, monumen ini nantinya akan dibangun di daerah yang tinggi di seputaran Pelabuhan Tiga Ras. Monumen tersebut nantinya akan dilengkapi dengan prasasti yang berisi nama-nama berserta foto penumpang KM Sinar Bangun 6.

Ia menambahkan, rencana spontan itu merupakan bentuk nyata keprihatinan Pemkab Simalungun atas musibah yang memilukan bagi semua orang, bukan hanya keluarga korban.

Baca Lainnya : Keluarga Sudah Mengikhlaskan, Pencarian Korban KM Sinar Bangun Dihentikan

Pemkab Simalungun juga telah melakukan upaya-upaya membantu pencarian dan menyiapkan kebutuhan keluarga korban, seperti dapur umum, dan layanan kesehatan.

Proses pencarian korban penumpang dan bangkai KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Senin (18/6), dipastikan akan dihentikan Selasa (3/7) besok. Keputusan itu diambil melalui musyawarah antara Basarnas, pemerintah daerah, aparat setempat dan keluarga korban. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Raih Penghargaan Badan Publik Informatif Tahun 2019

Peristiwa   22 Nov 2019 - 23:47 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: