Peringati 65 Tahun Hubungan Bilateral, RI-Sri Lanka Tanam Pohon Na Tree di KRB

TrubusNews
Ihsan Maulana
02 Juli 2018   15:15 WIB

Komentar
Peringati 65 Tahun Hubungan Bilateral, RI-Sri Lanka Tanam Pohon <i>Na Tree</i> di KRB

Duta besar Sri Lanka, HE Dharsana M Perera bersama Kepala PKT Kebun Raya Bogor, Dr. dididk Widyatmoko, M.Sc didampingi Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan LIPI, Prof Enny Sudarmonowati menanam dan mengurug tanah serta menyiram pohon "Na Tree" bersama-sama. (Foto : Trubus.id/ Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Pemerintah Republik Indonesia, dalam hal ini Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) beserta pemerintah Republik Sosialis Demokrasi Sri Lanka melakukan penanaman pohon Nasional Sri Lanka, "Na Tree" (Mesua ferrea) atau yang juga dikenal dengan pohon nagasari di Indonesia.

Penanaman pohon "Na Tree" yang dilakukan di Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT), Kebun Raya Bogor, Jawa Barat ini didatangkan langsung dari Kebun Raya Paradeniya di Sri Lanka.

Terkait dengan hal ini, Kepala PKT Kebun Raya Bogor, Dr. dididk Widyatmoko, M.Sc menyambut positif dan memberikan apresiasinya pada langkah ini.

"Penanaman pohon ini menjadi spesial, karena pohon ini didatangkan langsung dari Kebun Raya Paradeniya yang dengan Kebun Raya Bogor hanya terpaut usia 4 tahun saja," ujar Didik dalam pidato pembukaannya di lokasi penanaman di Kebun Raya Bogor, Senin (2/7).

Dari pantauan Trubus.id di lokasi, acara dimulai pada pukul 14.10 WIB. Meski cuaca agak panas, namun tidak menyurutkan kedua pihak dalam melakukan peristiwa bersejarah ini.

Duta Besar Sri Lanka untuk Indonesia dan Asean, H.E Dharsana M. Perera menambahkan, penanaman pohon ini diharapkan makin mempererat hubungan kedua negara yang sudah terjalin baik selama ini.

"Indonesia dan Sri Lanka sudah memiliki hubungan bilateral yang baik sejak dulu, bahkan sudah berabad-abad sejak jaman kerajaan di nusantara," imbuhnya.

Terakhir, Dharnashana berharap agar bibit pohon "Na Tree" yang sudah disiapkan khusus dari Kebun Raya Paradeniya Sri Lanka, bisa tumbuh baik dan pohon itu menyimbolkan hubungan baik dan persahabatan antara masyarakat Indonesia dan Sri Lanka. Juga memperluas dan mempererat hubungan Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Peradeniya.

Setelah itu, Kepala PKT Kebun Raya Bogor, Duta Besar Sri Lanka untuk Indonesia dan Asean, H.E Dharsana M. Perera, berikut Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan LIPI, Prof Enny Sudarmonowati menanam dan mengurug tanah serta menyiram pohon "Na Tree" bersama-sama.

Pohon "Na Tree" yang juga menjadi pohon nasional Sri Lanka ini pada beberapa abad lalu banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat kuno Aryuveda, kayu bangunan, kuil kuno dan jembatan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

KKP Hentikan Sementara SPWP Ekspor Benih Bening Lobster

Peristiwa   26 Nov 2020 - 17:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan: