Keluarga Sudah Mengikhlaskan, Pencarian Korban KM Sinar Bangun Dihentikan

TrubusNews
Syahroni
02 Juli 2018   15:45 WIB

Komentar
Keluarga Sudah Mengikhlaskan, Pencarian Korban KM Sinar Bangun Dihentikan

Tim pencari korban KM Sinar Bangun di Danau Toba. (Foto : Trubus.id/ Reza Perdana)

Trubus.id -- Pencarian korban dan bangkai Kapal Motor Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba rencananya akan segera dihentikan. Langkah ini terpaksa diambil setelah Basarnas melakukan tiga kali perpanjangan masa pencarian korban dan bangkai kapal yang tenggelam pada 18 Juni 2018 silam.

Kepala Kantor SAR Medan, Budiawan mengatakan, penghentian pencarian dilakukan mulai Selasa (3/7) besok. Keputusan ini diambil setelah dilakukannya musyawarah antara tim SAR gabungan dengan pihak keluarga yang dimotori Bupati Simalungun, JR Saragih.

“Hasil musyawarah menyebutkan, korban sejumlah 164 orang itu akan diikhlaskan oleh para keluarga,” katanya, Senin (2/7).

Baca Lainnya : Bukan Mistis, Ini Penyebab Jasad Korban KM Sinar Bangun Tidak Mengambang

Baca Lainnya : Sejumlah Barang Diduga Milik Korban KM Sinar Bangun Ditemukan Tim SAR

Dijelaskan Budiawan, pada pencarian perpanjangan ketiga di hari ke-15 ini akan datang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. Kedatangannnya ke Danau Toba untuk melihat langsung proses evakuasi yang dilakukan oleh tim SAR gabungan.

“Hari ini dan besok juga akan dilakukan tabur bunga di Danau Toba. Besok adalah hari ke-16 pencarian, dan menjadi hari terakhir untuk operasi ini,” jelasnya.

Sejauh ini tim SAR gabungan telah berhasil mengevakuasi 24 korban KM Sinar Bangun. Dari jumlah itu, 21 orang dievakuasi dalam keadaan selamat, sedangkan 3 orang dalam keadaan meninggal dunia. Sementara itu, sebanyak 164 orang masih menyatakan hilang di perairan Danau Toba. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Raih Penghargaan Badan Publik Informatif Tahun 2019

Peristiwa   22 Nov 2019 - 23:47 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: