Hingga Akhir Juni, Kekeringan Sudah Merambah ke Tujuh Kabupaten di NTT

TrubusNews
Ihsan Maulana
02 Juli 2018   14:15 WIB

Komentar
Hingga Akhir Juni, Kekeringan Sudah Merambah ke Tujuh Kabupaten di NTT

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Hingga akhir Juni 2018, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kupang mendata, kekeringan semakin meluas di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Sampai akhir Juni, dari yang awalnya hanya empat kabupaten yang mengalami kekeringan ekstrem, saat ini sudah bertambah jadi tujuh kabupaten," ujar Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kupang, Apolonarius Geru kepada awak media, Senin (2/7).

Baca Lainnya : Distan NTT: Kekeringan yang Melanda Saat ini, Masih Dalam Batas Normal

Ia menjelaskan, sebelummya kekeringan ekstrem teridentifikasi terjadi Kabupaten Lembata, Sumba Timur, Rote Ndao dan Nagekeo. Namun saat ini, kekeringan telah melanda sebagian wilayah Kabupaten Belu, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Ende, Sikka, Sumba Barat, dan Manggarai Timur.

"Walau terhitung ada di sejumlah kabupaten itu, tetapi kekeringan hanya ada di beberapa daerah dalam kabupaten yang disebutkan itu, seperti di Sumba Timur yaitu di Kawanggu, Waingapu, Melolo dan beberapa daerah lainya. Ada juga di Kabupaten Manggarai Timur yaitu di Lembaleda," sambungnya.

Baca Lainnya : Sejumlah Wilayah di NTT Alami Kekeringan Ekstrem

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT, Tini Tadeus mengimbau daerah yang mengalami kekeringan untuk segera mengajukan proposal bantuan yang sekiranya dibutuhkan.

"Tentu kami berharap daerah-daerah itu bisa segera mengirimkan proposalnya, untuk pencarian anggaran," tandasnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: