Pagi Ini Gunung Agung Erupsi 3 Kali Erupsi dengan Ketinggian 2.000 M

TrubusNews
Thomas Aquinus
02 Juli 2018   09:00 WIB

Komentar
Pagi Ini Gunung Agung Erupsi 3 Kali Erupsi dengan Ketinggian 2.000 M

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pagi ini Gunung Agung kembali erupsi sebanyak tiga kali. Erupsi pertama terjadi pada pukul pukul 06.19 Wita dengan tinggi kolom abu teramati 2.000 meter di atas puncak, Senin (2/7).

Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian ESDM, Pos Pengamatan Gunungapi Agung, gunung yang ada di wilayah Karangsem, erupsi terjadi dengan ketinggian kolom abu 2.000 meter di atas puncak atau sekitar 5.142 meter di atas permukaan laut.

Baca Lainnya : Pantauan BMKG, Debu Vulkanik Gunung Agung Tak Terdeteksi Satelit

Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 18 mm dan durasi 3 menit 47 detik.

Disusul erupsi kembali yang terjadi pada pukul 06.41 Wita dan 06.55 Wita dengan tinggi kolom abu masing-masing teramati setinggi 1.000 meter di atas puncak Atau 4.142 meter di atas permukaan laut dan 700 meter di atas puncak atau sekitar  3.842 meter di atas permukaan laut.

Baca Lainnya : Gunung Agung: Jejak Erupsi, Mitologi dan Kosmologi Hindu

Kepala Sub Bidang Mitigasi Wilayah Timur PVMBG, Devy Kamil Syahbana mengungkapkan pola erupsi kali ini sama dengan yang terjadi pada erupsi sebelumnya.
"Iya Gunung Agung kembali erupsi. Tapi erupsi eksplosi pendek-pendek seperti yang terjadi pada 27 Juni lalu," ucapnya.

Diketahui, saat ini status Gunung Agung masih berada di level III atau siaga. PVMBG tetap melarang masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya atau sejauh 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: