Ganggu Keindahan dan Kebersihan, Wisatawan di KEK Mandalika Mengeluh tentang Anjing Liar

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
30 Juni 2018   14:00

Komentar
Ganggu Keindahan dan Kebersihan, Wisatawan di KEK Mandalika Mengeluh tentang Anjing Liar

Ilustrasi anjing liar. (Foto : Reach the World)

Trubus.id -- Populasi anjing liar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), kian banyak. Hal tersebut dikeluhkan banyak wisatawan karena anjing liar dianggap mengganggu keindahan juga kebersihan.

Kepala General Affair The Mandalika, I Gusti Lanang Bratasuta mengakui banyaknya anjing liar di kawasan itu. Bahkan, ia juga kerap mendapat komplain dari wisatawan karena masalah ini.

Baca Lainnya : Di Swiss, Pemilik Anjing Harus Memungut Kotoran Hewan Peliharaannya

"Banyak yang sudah komplain ke saya. Kami juga terus berusaha membenahinya. Sampai saat ini, sudah banyak anjing yang sudah kita tangkap dan dibuang ke tempat lain, tapi tetap saja banyak. Hal ini perlu ada penanganan khusus," ucap Bratasuta di Mataram, Lombok, Sabtu (30/6).

Menurut Bratasuta, manajemen PT Indonesia Tourism Development Corporation (PT ITDC) pengelola KEK Mandalika telah berupaya mengurangi populasi anjing liar di kawasan tersebut. Salah satunya dengan bertemu dan berdiskusi bersama komunitas pencinta satwa untuk mencari solusi mengurangi anjing liar tanpa melukai, membunuh atau melakukan pemusnahan anjing di kawasan KEK Mandalika.

Baca Lainnya : 7 Kiat Praktis Pelihara Anjing di Swiss yang Wajib Kalian Tahu

"Kita juga sudah berencana akan bangun kandang untuk dirawatnya. Setelah gemuk dan sehat, kita pindahkan ke suatu tempat. Nantinya, kalau ada yang mau adopsi, kita berikan," paparnya.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah serta Pemerintah Provinsi NTB untuk juga mencarikan solusi dan masukan mengatasi populasi anjing liar. Pihaknya juga mengimbau masyarakat yang memiliki binatang, seperti anjing tidak dilepas melainkan dikandangkan. [DF]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: