Gubernur DIY Akan Bantu Optimalkan Sumber Mata Air Cegah Kekeringan

TrubusNews
Ihsan Maulana
29 Juni 2018   18:15 WIB

Komentar
Gubernur DIY Akan Bantu Optimalkan Sumber Mata Air Cegah Kekeringan

Ilustrasi (Foto : Pixabay/Pexels)

Trubus.id -- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sultan HB X akan membantu mengoptimalkan sumber mata air yang ada, salah satunya Bribin di Kabupaten Gunung Kidul. Langkah ini dilakukan dalam upaya mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat.

"Untuk menarik air, belum tentu setiap wilayah ada. Kami akan mencoba lewat Bribin. Meski tetap ada yang belum bisa dilakukan," ujar Sultan di Gunung Kidul, Jumat (29/6).

Baca Lainnya : Musim Kemarau Diperkirakan Terjadi Hingga Oktober

Ia menambahkan, untuk kebijakan jangka pendek dalam menanggulangi kekurangan air bersih ialah dilakukan dropping air bersih kepada masyarakat. Jika Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul sudah kehabisan anggaran dropping air, maka Sultan menyarankan mereka bisa meminta anggaran ke provinsi.

"Ya biasanya terus dikirim pakai dropping, kabupaten kan ada anggaran itu kalau tidak ada, bikin surat kepada saya. DIY juga ada dana tetapi kan permintaan dari bupati, nanti jika kurang minta bantuan," sambungnya.

Baca Lainnya : Ini Penjelasan BMKG, Mengapa Hujan Masih Berpotensi Terjadi di Musim Kemarau

Sementara itu, Bupati Gunung Kidul, Badingah menyebutkan, Gubernur DIY akan memberikan bantuan pengoptimalan sumber air di Gunung Kidul. Untuk itu, pihak Pemkab akan segera membuat proposal karena memang tidak memiliki anggaran.

"Debit di Baron banyak sekali. Sementara ini baru kita gunakanan 100 liter perdetik, padahal potensinya 900 sampai 1.000 liter perdetik. Untuk membeli alatnya dan beli pipa kita kan tidak ada dana, tapi pak gubernur tadi siap memfasilitasi," imbuhnya. [NN]

 

 


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: