Buang Limbah ke Anak Sungai Citarum, Pabrik Tekstil di Karawang Ditutup Polisi

TrubusNews
Astri Sofyanti
29 Juni 2018   15:45 WIB

Komentar
Buang Limbah ke Anak Sungai Citarum, Pabrik Tekstil di Karawang Ditutup Polisi

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Tindakan tegas terpaksa dilakukan jajaran kepolisian dari Polres Karawang terhadap pabrik tekstil PT Sinar Putra Hugitex. Yah, karena terbukti membuang limbah ke anak Sungai Citarum, pabrik yang terletak di Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang ini akhirnya ditutup polisi.

“Hari ini kami olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) guna menetapkan status pabrik yang membuang limbah cair ke anak Sungai Citarum,” jelas Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waloya, di Karawang, Jumat (29/6).

Baca Lainnya : 19 Pabrik Kepergok Buang Limbah, Ini yang Dilakukan Satgas Citarum Harum

Usai olah TKP dilakukan, sudah tidak ada lagi aktivitas produksi di pabrik itu. Petugas sendiri telah memasang garis polisi di seluruh area pabrik sebagai langkah penyegelan dan penghentian aktivitas di pabrik tersebut.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, setelah dilakukan olah TKP dan penetapan status, pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan terkait dugaan pembuangan limbah cair secara langusng ke anak Sungai Citarum tersebut.

“Sesuai dengan peninjauan langsung di lokasi, limbah cair pabrik itu dibuang langsung, tanpa ada pengolahan terlebih dahulu. Limbah cair itu langsung dialirkan ke anak Sungai Citarum melalui sebuah saluran,” paparnya.

Baca Lainnya : Satgas Temukan 5 Pabrik yang Diduga Buang Limbah ke Sungai Citarum, Apa Sanksinya?

Bahkan salah satu dari saluran pembuangan limbah itu melewati area persawahan yang juga dimiliki oleh perusahaan tersebut. Guna melakukan penyelidikan lebih lanjut, pihak kepolisian telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang.

“Pengungkapan kasus ini berdasarkan adanya laporan dari warga setempat,” ucap Slamet. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: