BNPB: Belum Ada Kenaikan Aktivitas Gunung Agung, Warga Harap Tenang

TrubusNews
Astri Sofyanti
29 Juni 2018   14:45 WIB

Komentar
BNPB: Belum Ada Kenaikan Aktivitas Gunung Agung, Warga Harap Tenang

Gunung Agung (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan status Gunung Agung masih tetap Siaga (tingkat III). Ia juga mengatakan belum ada kenaikan status sejauh ini.

"Belum dapat diperkirakan sampai berapa lama waktu efusifnya. Masih terdeteksi mikrotremor pada seismograf yang mengindikasikan pergerakan magma ke permukaan," ucap Sutopo melalui kererangan resminya di Jakarta, Jumat (29/6).

Berdasarkan pantauan yang dilakukan Pos Pengamatan Gunung Agung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Rendang Jumat (29/6) pukul 06.00 WITA, Gunung Agung masih mengeluarkan abu vulkanik dan kawah menyala api berwarna kemerahan berintensitas stabil dengan tinggi kolom abu mencapai 2.500 meter.

"Hingga saat ini, inflasi tubuh Gunung Agung masih belum mengalami penurunan," terang Sutopo.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap tenang. BNPB terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan; Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG); Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG); badan penanggulangan bencana daerah, Pemerintah Provinsi Bali, dan instansi terkait lainnya. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Waspada, Penggunaan Hand Sanitizer Jangan Berlebihan

Peristiwa   30 Mar 2020 - 13:05 WIB
Bagikan:          
Bagikan: