Kebakaran Hutan Lindung di Ponorogo Meluas

TrubusNews
Astri Sofyanti
29 Juni 2018   11:15 WIB

Komentar
Kebakaran Hutan Lindung di Ponorogo Meluas

Hutan yang terbakar (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Hutan lindung milik Perum Perhutani yang berada di Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten, Ponorogo, Jawa Timur, terbakar Kamis (28/6) malam.

"Kebakaran hutan terjadi di petak 43A yang memiliki luas baku hutan 132,30 hektare dengan jenis tanaman RBC (Rimba Hutan Campuran)," kata Kapolsek Balong, AKP Sukamto di Ponorogo, Jumat (29/6).

Lebih lanjut ia mengatakan hutan yang terbakar berada di wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Karangpatihan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ponorogo Barat, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu dan sekitarnya (Lawu DS).

Menurutnya berbagai pihak seperti TNI, Polri, petugas Perhutani yang turut dibantu masyarakat telah berupaya memadamkan kobaran api. Tapi hingga pagi ini api masih terus membakar kawasan hutan.

Baca Lainnya: Hutan Rakyat Ponorogo Terbakar, Puntung Rokok Diduga Penyebabnya

“Bahkan personel Babinsa bersama Polri dan Perhutani juga masyarakat berusaha memadamkan api, tapi api belum bisa dikendalikan, ini karena medan di lokasi sangat curam serta angin yang berhembus sangat kendang menyulitkan proses pemadaman,” sambung Sukamto.

Hingga saat ini pihak kepolisian masih mencari tahu penyebab terjadinya kebakaran hutan lindung tersebut.

"Kita masih menyelidiki penyebab kebakaran," tutupnya.

Di desa lain di kecamatan yang sama, hutan rakyat milik Desa Tatung seluas sekitar tujuh hektare terbakar Selasa malam (26/6). Kasubbag Humas Polres Ponorogo AKP Sudarmanto di Ponorogo menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: