Gunung Agung Erupsi, Bandara Ngurah Rai Ditutup Sementara

TrubusNews
Karmin Winarta
29 Juni 2018   09:09 WIB

Komentar
Gunung Agung Erupsi, Bandara Ngurah Rai Ditutup Sementara

Gunung Agung, Bali (Foto : instagram/com/christieb0ner)

Trubus.id -- Sampai pagi ini Jumat (29/6) Gunung Agung yang berada di  Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali ini terus-menerus mengeluarkan abu vulkanik setinggi 2000 meter. Hal ini tampak dari cahaya api yang berada di puncak kawah gunung. Dari ketinggian tampak lava mengalir dari Kawah gunung tertinggi di Bali ini.

Abu vulkanik yang dikeluaran Gunung Agung tak hanya menutup daerah yang ada di sekitarnya. Namun meluas sampai ke Bandara Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Sutopo Purwo Nugroho,  Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui keterangan tertulisnya menyatakan, Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai ditutup sementara pada 29/6/2018 pukul 03.00 WITA hingga 19.00 WITA. 

Baca Lainnya: Terdengar Suara Gemuruh dari Gunung Agung, Warga di Besakih Belum Mengungsi

Penutupan bandara ini terkait keamanan. Beberapa maskapai telah memutuskan untuk menunda penerbangan dengan alasan keamanan.  Beberapa pesawat yang sudah cancel pada 28/6/2018, baik untuk keberangkatan dan kedatangan sebanyak 48 flight dengan penumpang 8.334 orang.

Jumlah itu terdiri dari penerbangan internasional sebanyak 38 dengan penumpang 6.611 orang dan penerbangan domestik 10 flight dengan penumpang 1.723 orang. Maskapai penerbangan yang membatalkan penerbangan adalah Air Asia, Jet Star, Qantas, dan Virgin.  

Baca Lainnya:  Gunung Agung Erupsi Pada Januari 2018

Sampai saat ini status Gunung Agung masih siaga, atau level 3.

Gunung Agung sebelumnya juga telah mengalami erupsi pada Januari 2018 yang menyebabkan warga menungsi. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: