Basarnas Kembali Perpanjang Masa Pencarian KM Sinar Bangun di Danau Toba

TrubusNews
Syahroni
28 Juni 2018   20:15 WIB

Komentar
Basarnas Kembali Perpanjang Masa Pencarian KM Sinar Bangun di Danau Toba

Basarnas Medan mengumumkan bahwa pencarian KM Sinar Bangun Kembali Diperpanjang. (Foto : Trubus.id/ Reza Perdana)

Trubus.id -- Masa pencarian korban dan bangkai Kapal Motor Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara, kembali diperpanjang oleh Badan SAR Nasional (Basarnas). Hal itu disampaikan Kepala Kantor SAR Medan, Budiawan, Kamis (28/6).

Di depan wartawan ia menjelaskan, masa pencarian korban dan bangkai KM Sinar Bangun dimulai pada 18 Juni hingga 24 Juni 2018. Kemudian diperpanjang 3 hari, mulai 25 Juni hingga 27 Juni 2018.

Baca Lainnya : Basarnas Segera Datangkan Alat Pemindai Sonar Tambahan untuk Cari KM Sinar Bangun

"Ini kembali diperpanjang, mulai 28 Juni hingga 30 Juni 2018," kata Budiawan.

Dijelaskannya, hari ini merupakan pencarian hari ke-11. Operasi perpanjangan diputuskan Kepala Basarnas, Muhammad Syaugi. Penambahan masa pencarian korban KM Sinar Bangun untuk memaksimal proses pencarian para korban.

"Kita mengerahkan seluruh alat dimiliki Basarnas untuk pencarian korban ini," jelasnya.

Pada hari ini, Basarnas mengalami kendala dengan faktor cuaca buruk. Budiawan mengatakan, sebelumnya direncanakan pencarian dimulai pukul 06.00 WIB. Namun karena cuaca buruk, pencarian akhirnya baru dimulai pukul 08.00 WIB.

Baca Lainnya : Sejumlah Barang Diduga Milik Korban KM Sinar Bangun Ditemukan Tim SAR

"Cuaca buruk sampai siang, dan sekarang cuaca sudah kembali baik. Kita melakukan pencarian menggunakan menggunakan alat Remotely Operated Vehicle (ROV)," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, hingga kini korban berhasil evakuasi dan diselamatkan sebanyak 21 orang dan 3 orang meninggal dunia. 155 orang lainnya masih hilang. Data penumpang sesuai dengan data antemortem diterima oleh tim DVI Polda Sumut sebanyak 125 orang. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: