5 Masalah Utama Pertanian Menurut HKTI

TrubusNews
Ihsan Maulana
28 Juni 2018   20:30 WIB

Komentar
5 Masalah Utama Pertanian Menurut HKTI

Ketua HKTI, Moeldoko (Foto : Trubus.id / Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jenderal (Purn) Moeldoko menyatakan, setidaknya ada lima persoalan yang sedang dihadapi petani Indonesia saat ini.

"Ya ada lima persoalan, yang pertama soal tanah pertanian yang menyempit berikut rusaknya tanah karena penggunaan pupuk anorganik, lalu ada persoalan permodalan, penerapan teknologi pertanian, persoalan manajerial, dan terakhir pascapanen atau pangsa pasar," ujar Moeldoko ketika ditemui di sela acara ASAFF 2018, di Jakarta Convention Center, Kamis (28/6).

Baca Lainnya : HKTI Targetkan 5.000 Hektar Sawah Ditanam Padi Varietas M400

Ia menilai, kelima persoalan ini menjadi hal yang perlu dipecahkan secara bersama-sama dan sinergitas antara berbagai pihak termasuk HKTI.

"Perlu ada sinergi antara HKTI dengan dunia penelitian riset, pemerintah dan para pelaku pengusaha berikut petani," paparnya.

"Saya berharap HKTI bisa menjadi penjembatan dari riset kepada para petani, lalu karena ada sentuhan teknologi jadi ada yang membeli dan untuk proteksinya dari kebijakan pemerintah. Saya rasa kelima hal itu yang menjadi penting untuk dipecahkan bersama-sama," tutupnya. [NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: