Ribuan Nelayan di Bengkulu Sudah Ikut Asuransi, Ini Manfaat yang Akan Mereka Terima

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
26 Juni 2018   22:45

Komentar
Ribuan Nelayan di Bengkulu Sudah Ikut Asuransi, Ini Manfaat yang Akan Mereka Terima

Ilustrasi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu saat ini mencatat, sejumlah 1.007 nelayan di wilayah tersebut sudah mengikuti asuransi. Hal ini menjadi penting, sebagai bentuk usaha perindungan diri dari kecelakaan kerja dan lainnya.

Kabid Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kaur, Miti Suryani menyebutkan, setiap nelayan akan mendapatkan asuransi Rp200 juta apabila mengalami kecelakaan yang menyebabkan kematian atau hilang.

Baca Lainnya : Syukurlah, 1.500 Nelayan di Malang dapat Bantuan Asuransi

"Misalnya pada Januari 2018 lalu, ada seorang nelayan yang hilang di Perairan Sulauwangi, Kecamatan Tanjung Kemuning, Kabupaten Kaur. Seminggu setelahnya, pihak keluarga langsung mendapatkan klaim asuransi sebesar Rp200 juta," ujar Miti, Selasa (26/6).

Selain asuransi kematian, nelayan yang mengalami kecelakaan di luar aktivitas melaut juga mendapat klaim asuransi pengobatan sebesar Rp20 juta. Jika nelayan mengalami cacat permanen, akan mendapat klaim asuransi senilai Rp100 juta.

"Untuk biaya premi asuransi hanya Rp175 ribu per tahun. Jumlah itu tidak terlalu besar bila dibandingkan bahaya pekerjaan yang nelayan hadapi ketika melaut," sambungnya.

Baca Lainnya : 3 Hari Melaut , Tiga Nelayan Garut Tak Kunjung Kembali

Pihaknya mencatat, pada tahun 2016 silam, jumlah nelayan peserta asuransi baru 86 orang. Tetapi sampai Juni 2018, jumlah nelayan yang mengikuti asuransi bertambah menjadi 1.007 orang.

"Namun saat ini jumlah nelayan yang ikut asuransi belum mencapai 30 persen. Makanya, kami akan terus mengadakan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran nelayan pada keselamatan kerja," tandasnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait