Banjir Konawe Utara Tutup Akses Trans Sulawesi

TrubusNews
Astri Sofyanti
26 Juni 2018   16:30 WIB

Komentar
Banjir Konawe Utara Tutup Akses Trans Sulawesi

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Cuaca buruk yang menyebabkan banjir di Desa Polola, Kecamatan Langkikima, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (26/6) mengakibatkan lumpuhnya akses jalan trans Sulawesi menuju Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Bupati Konawe Utara Ruksamin mengatakan, akibat banjir tersebut kendaraan tak dapat melintasi akses trans Sulawesi karena ketetinggian air mencapai lebih dari satu meter.

Baca Lainnya : Warga Jakarta Harap Tenang, Banjir Kampung Melayu Mulai Surut

“Karena ketinggian air mencapai lebih dari satu meter kendaraan yang hendak melewati perbatasan Konawe Utara, Sulawesi Tenggara ke Morowali, Sulawesi Tengah, harus bersabar karena air masih menggenangi badan jalan dan diprediksi ketinggian air masih bertambah karena hujan masih terus mengguyur wilayah tersebut," jelas Ruksamin di Sulteng, Selasa (26/6).

Untuk itu, pihaknya mengimbau warga yang rumahnya terendam banjir karena ancaman air bah untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman tanpa harus menunggu pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat datang dan mengevakuasi penduduk.

Baca Lainnya : Cuaca Ekstrem, Jogja Waspada Banjir dan Tanah Longsor

"Kami telah mengimbau warga yang rumah sudah terendam banjir atau dalam ancaman banjir untuk mengamankan diri. Jangan pasrah menunggu kendatangan tim evakuasi," ungkapnya.

Banjir yang terjadi di Konawe Utara umumnya disebabkan akibat luapan Sungai Linomoyo yang berada di Kecamatan Asera, Sungai Landawe dan Sungai Wiwirano. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: