50 Ekor Monyet Diamankan dari Pelaku Usaha Topeng Monyet di Jawa Barat

TrubusNews
Ihsan Maulana
25 Juni 2018   21:45 WIB

Komentar
50 Ekor Monyet Diamankan dari Pelaku Usaha Topeng Monyet di Jawa Barat

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Jakarta Animal Aid Network (JAAN), saat ini sudah berhasil mengamankan 50 ekor monyet, yang berasal dari para pelaku usaha topeng monyet yang beroperasi di wilayah Provinsi Jawa Barat.

"Sampai bulan Juni 2018, kami sudah mengamankan 50 ekor monyet yang berkaitan dengan program kerja sama kami dengan Pemprov Jawa Barat bernama 'Stop Topeng Monyet'," ujar Coord. Wildlife Trade Confiscations JAAN Wildlife Division, Zai, di Bekasi Senin (25/6).

Baca Lainnya : Para Pecinta Primata Kecam Pertunjukan Topeng Monyet

Ia menjelaskan, monyet yang diamankan kebanyakan berasal dari jenis monyet ekor panjang yang banyak ditemui di wilayah Bandung, Cirebon, Tasikmalaya, Bogor serta Bekasi.

Zai mengungkapkan, jumlah tersebut masih jauh dari target sebanyak 500 ekor yang sesuai pemetaan pihaknya, terhadap aktivitas topeng monyet di Jawa Barat tahun 2018.

"Tapi yang paling dominan memang di wilayah Bekasi ya. Setelah kita telusuri, monyet ini rata-rata didatangkan dari Tasikmalaya karena dari data kami ada sekitar 500 kepala keluarga yang khusus melatih topeng monyet di sana," jelasnya.

Zai menyampaikan, pada tahun sebelumnya, JAAN berhasil menyita 145 ekor monyet di Jakarta, yang saat ini semuanya sudah dilepasliarkan ke alam bebas setelah menjalani perawatan.

Baca Lainnya : Kejam, Monyet Dijadikan Percobaan Asap Diesel oleh Perusahaan Mobil Mewah di Jerman 

"Untuk monyet yang kita amankan ini, akan kita kirim ke penangkaran yang difasilitasi Pemprov Jakarta di sebuah lahan di Lembang, Kabupaten Bandung," tandasnya.

Selanjutnya, monyet ini akan menjalani pembinaan dan perawatan tim medis, hampir selama tiga tahun dan akhirnya dilepasliarkan ke alam bebas di Gunung Tilu, Soreang, Bandung. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: