Kawanan Monyet yang Kerap Menyerang Warga Bekasi, Akhirnya Dievakuasi

TrubusNews
Astri Sofyanti
25 Juni 2018   20:15 WIB

Komentar
Kawanan Monyet yang Kerap Menyerang Warga Bekasi, Akhirnya Dievakuasi

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Belum lama ini, warga Perumahan Pondok Mitra Lestari, Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Bekasi dibuat resah dengan kehadiran kawanan monyet liar di sekitar pemukiman mereka. Monyet-monyet ini banyak dilaporkan menyerang warga.

Belakangan diketahui, monyet yang kerap menyerang warga ini dipimpin oleh seekor monyet alpha. Menurut Organisasi nonprofit Jakarta Animal Aid Network (JAAN), monyet alpha termasuk satwa yang ganas.

Baca Lainnya : Warga Bekasi Dikagetkan dengan Kemunculan Kawanan Kera Liar

“Kalau kita lihat dari postur tubuhnya yang cukup besar dengan gigi taring sepanjang lima sentimeter berjenis alpha ini biasa memimpin di jenisnya,” ujar Coord Wildlife Trade Confiscations JAAN Wildlife Division, Zai, di Bekasi saat mengevakuasi kawanan monyet liar, Senin (25/6).

Menurutnya, pimpinan kawanan yang diprediksi berusia lebih dari 10 tahun itu diduga merupakan hewan peliharaan milik warga sekitar yang lepas karena bentuk tubuhnya yang gemuk.

“Satwa ganas tersebut seperti mengalami obesitas, mereka akan ganas ketika ketenangannya merasa terusik,” sambungnya.

Lebih lanjut ia mengatakan monyet jenis alpha ini berpontensi menjadi pemimpin pada jenisnya dan bisa mempengaruhi hewan sejenis untuk menjadi pengikut. Karena itu, tak heran jika jumlah monyet yang bekeliaran di perumahan Perumahan Pondok Mitra Lestari lebih dari satu ekor.

"Menurut informasi dari petugas RW setempat, jumlah monyet yang berkeliaran bebas di lingkungan warga sekitar tiga ekor," ucapnya.

Jika dihabitat aslinya, satwa liar ini sangat disegani oleh jenis monyet lainnya karena memiliki perawakan serta jumlah gigi yang relative lebih besar dari jenis lainnya.

Sementara itu, upaya evakuasi monyet tersebut melibatkan delapan anggota Dinas Pemadam Kebakaran Pemkot Bekasi bersama dengan dua petugas dari JAAN. Sekitar pukul 13.00 WIB petugas dari JAAN dengan satu unit mobil operasional dan Damkar menggunakan satu unit mobil damkar datang ke lokasi.

Baca Lainnya : Ternyata Monyet yang Turun Gunung Bukan dari Satwa Penghuni Merapi

Setelah berkoordinasi dengan perangkat RW dan sejumlah petugas keamanan setempat, petugas melakukan pelumpuhan terhadap monyet menggunakan obat bius. Proses evakuasi berlangsung kondusif hingga monyet tersebut tertidur pulas setelah 1 menit terkena tembakan obat bius yang dilesatkan seorang petugas JAAN.

"Kita akan evakuasi monyet ini ke lokasi penangkaran di Lembang, Bandung," tutupnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jagung Provit Alternatif Bahan Pangan Sehat

Inovasi   28 Sep 2020 - 20:52 WIB
Bagikan:          
Bagikan: