Bawang Bombai Mini yang Disulap jadi Bawang Merah 'Palsu', Diimpor Secara Ilegal

TrubusNews
Astri Sofyanti
25 Juni 2018   17:15 WIB

Komentar
Bawang Bombai Mini yang Disulap jadi Bawang Merah 'Palsu', Diimpor Secara Ilegal

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Belum lama ini temuan mengejutkan diperoleh pemerintah. Yah, puluhan ton bawang merah 'palsu' ditemukan beredar di pasaran. Belakangan diketahui, bawang merah 'Palsu' itu ternyata adalah bawang bombai mini hasil impor dari India.

Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim, Komisaris Besar Daniel TM Silitonga mengatakan, bawang bombai mini yang dijual oleh importir bawang bombai dari India ini ternyata dikirim secara ilegal ke Indonesia.

Baca Lainnya : Kemendag dan Polri Amankan 670 Ton Bawang Bombay Merah Impor Asal India

Daniel mengatakan, harga bawang bombai merah mini di India hanya berkisar Rp2.500 per kilogram (kg), kemudian setelah dikirim ke Indonesia harganya bisa mencapai Rp6.000 per kg. Kemudian setelah melewati berbagai rangkaian biaya pengiriman mulai dari clearance dan lainnya hingga ke tingkat distributor harga bawang bombai merah 'palsu' ini menjadi sekitar Rp9.500 per kg.

“Sedangkan harga bawang merah palsu di tingkat pengecer harganya mencapai Rp14.000 per kg, sehingga distributor bisa mendapat keuntungan sebesar Rp8.000. Sementara harga bawang merah lokal di tingkat petani berkisar Rp18.000 per kg, sedangkan ditingkat pasar ritel rata-rata harganya sekitar Rp25.000 per kg,” ujar Daniel kepada wartawan di Medan, Senin (25/6).

Baca Lainnya : Diduga Terlibat Penipuan Bawang Bombai, Mentan Blacklist 5 Importir

Lebih lanjut Daniel mengatakan, jika bawang merah 'palsu' ini lolos ke pasaran, ini akan membuat petani bawang merah lokal akan menjadi resah. Pasalnya, dengan keberadaan bawang merah 'palsu' ini, akan membuat harga jual bawang merah lokal yang menjadi semakin terpuruk. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jokowi Perintahkan Perkuat Ekonomi Desa di Tengah Pandemi

Peristiwa   25 Sep 2020 - 09:39 WIB
Bagikan:          
Bagikan: