Tingkatkan Produksi, BPTP Yogya Gencarkan Diseminasi Varietas Padi Baru

TrubusNews
Ihsan Maulana
25 Juni 2018   15:15 WIB

Komentar
Tingkatkan Produksi, BPTP Yogya Gencarkan Diseminasi Varietas Padi Baru

Ilustrasi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan produksi ditingkat petani. Karena itu, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta, saat ini terus mendorong diseminasi varietas padi baru kepada petani. Langkah ini dilakukan sebagai alternatif dalam mendukung peningkatan produksi padi selama tahun 2018.

"Kami terus berupaya mengenalkan varietas baru agar petani memiliki alternatif sesuai kondisi lahannya," ujar Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta, Joko Pramono di Yogyakarta, Senin (25/6).

Baca Lainnya : Berdayakan Pertanian di Lahan Kering, Kementan Kembangkan Padi Jenis Ini

Ia menjelaskan, sampai saat ini pihaknya telah menghasilkan 78 benih atau varietas unggul baru. Beberapa varietas yang sudah banyak dikenal petani yakni inpari 33, inpari 31, inpari 19, serta inpago (gogo).

Sementara itu, varietas padi yang direkomendasikan untuk petani di lahan rentan serangan wereng coklat, ialah inpari 31 dan inpari 33.

"Untuk lahan yang tidak rentan serangan wereng bisa menggunakan inpari 30, inpari 32, sampai inpari 42," tandasnya.

Pada musim kemarau seperti sekarang, BPTP Yogyakarta bersama Dinas Pertanian DIY telah mensosialisasikan pemanfaatan benih padi inpari 19, inpago (gogo), hingga situ bagendit ke petani.

Baca Lainnya : Musim Kemarau, Distan DIY Minta Petani Tanam Padi yang Tahan Kekeringan

"Varietas padi jenis ini kami rasa paling sedikit membutuhkan air," jelasnya.

Di sisi lain, Joko menyampaikan, BPTP Yogyakarta, juga melakukan penyaluran benih padi varietas baru kepada petani. Pada 2017, pihaknya telah memberikan bantuan sebanyak 30 ton benih ke petani di DIY. [RN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: