Tak Ada Investor, Pemkab Kulon Progo jadi Kesulitan Kembangkan Wisata Kuliner

TrubusNews
Ihsan Maulana
25 Juni 2018   13:45 WIB

Komentar
Tak Ada Investor, Pemkab Kulon Progo jadi Kesulitan Kembangkan Wisata Kuliner

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Pengembangan wisata kuliner di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menemui kendala. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo menyebut, minimnya investor yang mau menaruh modal di sektor wisata uliner yang jadi masalahnya.

Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Wisata Dinas Pariwisata Kulon Progo, Yudono menjelaskan, saat ini Kulon Progo sedang mencoba mengembangkan pariwisata berbasis budaya, dan tidak menutup kemungkinan juga merambah wisata kuliner.

Baca Lainnya : Libur Lebaran, Dispar Kulon Progo Optimistis Pantai Glagah Ramai Pengunjung 

"Makanya, sekarang kami sedang promosikan wisata kuliner supaya menjadi tujuan wisata baru di Kulon Progo," ujar Yudono di Kulon Progo, Senin (25/6).

Salah satu wisata kuliner yang mulai dirintis adalah wisata kuliner coklat dan pegagan di Kalibawang, serta wisata kopi di Samigaluh. Pihak Dispar setempat juga disebut sudah mempromosikan wisata kuliner itu ke berbagai intansi dan agen wisata.

Meski begitu Yudono mengaku, wisata kuliner ini belum banyak dilirik oleh masyarakat dan investor. "Promosi sudah kami gencarkan, tapi memang belum ada tanggapan," sambungnya.

Di sisi lain, Sekretaris Komisi IV DPRD Kulon Progo, Hamam Cahyadi menegaskan, hal ini menjadi bukti bahwa Dispar tidak mampu menangkap peluang wisata kuliner di Kulon Progo.

Baca Lainnya : Imlek Datang, Petani Buah Naga Kulon Progo Girang

Ia menilai, pihak Pemkab malah mengurusi pajak rumah makan, meski usahanya hanya segelintir saja. Hal itu beginya terkesan aneh, karena seharusnya Pemkab bisa mendorong usaha kuliner agar berkembang, bukan justru membebani dengan pajak.

"Jadi seharusnya Pemkab memberdayakan pelaku usaha mikro hingga menengah, supaya membuka usaha kuliner untuk mendukung pariwisata. Saat ini, di Kulon Progo tidak ada tempat kuliner yang menjadi tujuan wisata," tandasnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Hentikan Sementara SPWP Ekspor Benih Bening Lobster

Peristiwa   26 Nov 2020 - 17:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: