Cuaca Ekstrem di Lampung, Bisa Selamatkan Lahan Pertanian dari Kekeringan

TrubusNews
Syahroni
25 Juni 2018   08:30 WIB

Komentar
Cuaca Ekstrem di Lampung, Bisa Selamatkan Lahan Pertanian dari Kekeringan

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Cuaca ekstrem diprakirakan terjadi selama 3 hari ke depan di beberapa wilayah di Lampung. Namun demikian, cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas tinggi ini dinilai bisa menguntungkan petani. 

Kepala UPT Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Lampung, Bagiyo Warsito mengatakan, kondisi cuaca ekstrem dengan intensitas hujan yang cukup tinggi hingga tiga hari kedepan akan membasahi lahan pertanian.

Baca Lainnya : Sejumlah Wilayah di NTT Alami Kekeringan Ekstrem

Kondisi ini tentu sangat menguntungkan apabila dilihat selama dua minggu kebelakang tidak ada hujan sama sekali. Dampaknya kekeringan melanda lahan pertanian di Lampung. 

"Kondisi cuaca seperti sekarang ini malah petani yang senang,  diuntungkan.  Karena kondisi sawah kemarin sempat hampir kekeringan," katanya, Minggu (24/6)

Meskipun BMKG meprediksi akan terjadi hujan hingga tiga hari kedepan,  pihaknya tidak khawatir akan terjadi banjir di lahan pertanian khususnya padi. 

Baca Lainnya : Waspada, Lampung Hadapi Cuaca Buruk Sampai Besok

"Justru kalau tidak ada hujan bisa terjadi gagal panen bahkan lebih parah yaitu tanaman padi mati karena kering "imbuhnya. 

Untuk komoditas lainnya seperti jagung, belum ada pengaruh karena belum memasuki masa panen dan tidak terjadi kebanjiran.

"Kalau padi, yang penting jangan sampai hujan seminggu dengan intensitas tinggi, bisa banjir dan puso," paparnya lagi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: