Apa Kabar Status Gunung Merapi Saat Ini?

TrubusNews
Ihsan Maulana
23 Juni 2018   10:00 WIB

Komentar
Apa Kabar Status Gunung Merapi Saat Ini?

Gunung Merapi (Foto : Dok BNPB)

Trubus.id -- Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida mengatakan, status Gunung Merapi hingga saat ini masih dalam level waspada. Ini berdasarkan dari pengamantan visual serta instrumental yang dilakukan pihaknya selama sepekan terakhir.

"Ya terutama dari jumlah gempa hembusan (DG) yang masih signifikan, maka dapat disimpulkan aktivitas vulkanik Gunung Merapi dinyatakan masih dalam tingkat waspada," ujar Hanik, Jumat (22/6).

Kemudian, secara pengamatan visual cuaca cerah pada pagi dan malam, sedangkan cuaca berkabut terjadi pada siang dan sore. Sementara, asap yang teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tekanan gas lemah.

Baca Lainnya : Cuaca Cerah, Status Gunung Merapi Hari Ini Waspada

Tinggi maksimum hembusan sejauh 400 meter, yang teramati dari Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan pada 20 Juni 2018. Sementara gempa dalam sepekan terakhir tercatat lima kali gempa multifase, dengan 35 kali gempa guguran, 9 kali gempa embusan, serta 19 kali gempa tektonik.

"Untuk intensitas curah hujan tertinggi, ada di Pos PGM Jrakah yang tercatat 14 milimeter selama 145 menit pada 20 Juni 2018," imbuhnya.

Dengan status yang tetap berada di level waspada, BPPTKG terus mengimbau agar kegiatan pendakian untuk sementara masih waktu. Terkecuali, untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian mitigasi bencana.

Baca Lainnya : BPBD Sleman: Destinasi Wisata Lereng Gunung Merapi, Aman Dikunjungi

Radius bahaya seluas tiga kilometer juga masih dikosongkan dari segala aktivitas penduduk. Untuk masyarakat yang ada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III, diharapkan tetap meningkatkan kewaspadaan dan kesiagaan.

Masyarakat juga jangan terpancing isu-isu mengenai erupsi Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya, dan selau mengikuti arahan resmi dari aparat pemerintah daerah. [NN] 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: