BMKG: Waspada, Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi Yogyakarta

TrubusNews
Astri Sofyanti
21 Juni 2018   16:00 WIB

Komentar
BMKG: Waspada, Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi Yogyakarta

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Saat sebagian wilayah di Indonesia sudah memasuki musim kemarau, beberapa wilayah justru masih berada di musim panca roba. Di Jogjakarta sendiri, kondisi cuaca masih belum menentu.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Jogjakarta mengeluarkan peringatan dini adanya potensi hujan lebat serta gelombang tinggi di sekitar perairan bagian selatan Jogjakarta. BMKG memprediksi kondisi ini akan berlangsung hingga tiga hari kedepan yakni Sabtu (23/6).

Baca Lainnya: Baca Lainnya : Arus Balik Lebaran, Waspadai Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan

Kepala Stasiun Klimatologi Mlati, BMKG Yogyakarta, Agus Sudaryatno melalui keterangan tertulisnya di Jogjakarta, Kamis (21/6) mengatakan, dalam beberapa hari ke depan, Jogjakarta berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di beberapa wilayah Yogyakarta, mulai 21 sampai 23 Juni 2018.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, BMKG juga terus memantau kondisi atmosfer yang terlihat adanya belokan angin serta intrusi udara basah yang masuk ke wilayah Jogjakarta.

Kondisi ini meningkatkan kelembapan udara di bagian atas atmosfer cukup basah dengan kisaran 80 hingga 90 persen. Kondisi tersebut lanjut Agus akan menyebabkan pembentukan awan-awan hujan.

Beberapa wilayah yang berpotensi terjadi hujan beberapa hari ke depan meliputi Sleman, Jogja, sebagian Kulon Progo (bagian utara), Bantul bagian utara dan Gunungkidul bagian utara dan barat.

"Hal lain yang perlu diwaspadai masyarakat khususnya yang tinggal di pesisir selatan DIY adalah peningkatan tinggi gelombang di perairan Jogjakarta dengan prediksi ketinggian gelombang berkisar 2 sampai 3,5 meter, pada 20 hingga 25 Juni 2018 mendatang," tambah Agus.

Baca Lainnya : Meski Musim Kemarau, Ini Daerah yang Berpotensi Hujan Lebat disertai Petir

Untuk itu, BMKG mengeluarkan peringatan dini ini serta mengimbau seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang.

Selain itu, warga diimbau tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai petir. Waspadai peningkatan kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut terutama bagi masyarakat yang beraktivitas di sekitar pantai, nelayan di laut dan wisatawan di pantai selatan Jogjakarta. Selain itu, BMKG juga akan mengeluarkan informasi terbaru kondisi cuaca di Jogjakarta. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: