Candi Prambanan Jadi Objek Wisata Favorit, Pada Libur Lebaran Tahun Ini

TrubusNews
Astri Sofyanti
19 Juni 2018   17:00 WIB

Komentar
Candi Prambanan Jadi Objek Wisata Favorit, Pada Libur Lebaran Tahun Ini

Candi Prambanan. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Selama libur Lebaran 2018, puluhan ribu wisatawan tercatat mengunjungi objek wisata Candi Prambanan yang berada di Kabupaten Sleman, Jogjakarta.

Kepala Unit Candi Prambanan, PT Taman Wisata Candi (TWC) Brobudur, Prambanan Aryono mengatakan, Candi Prambanan menjadi masih menjadi objek wisata favorit keluarga selama libur Lebaran 2018.

Baca Lainnya : Libur Lebaran, Wisatawan Pantai Parangtritis Diimbau Tidak Berenang di Laut, Kenapa?

“Sebanyak 50 ribu wisatawan berkunjung ke Candi Prambanan sejak Lebaran H+1 hingga saat ini,” ucapnya di Candi Prambanan, Sleman, Selasa (19/6).

Menurutnya, puncak kunjungan wisatawan diperkirakan terjadi pada H+3 atau Senin 18 Juni 2018 dengan jumlah pengunjung mencapai 30.400 wisatawan.

"Jika dibandingkan tahun lalu puncak kunjungan wisatawan juga terjadi pada H+3 dengan jumlah wisatawan mencapai sekitar 29.000," sambung Aryono.

Ia mengatakan, diperkirakan kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan masih akan meningkat hingga H+5 Lebaran atau Rabu 20 Juni besok.

"Namun jumlah pengunjung per hari kemungkinan hanya berkisar pada angka 20.000 lebih sedikit," paparnya.

Aryono mengatakan, pada libur Lebaran tahun ini pengunjung tercatat pada hari H sebanyak 7.000 lebih wisatawan, kemudian pada H+1 sebanyak 17.000 wisatawan dan pada H+2 sebanyak 27.000 wisatawan.

"Dengan demikian puncak kunjungan wisatawan sudah terjadi pada H+3 kemarin sebanyak 30.000 wisatawan lebih," ungkap Aryono.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada libur Lebaran tahun ini masih stabil di angka 350 hingga 400 orang per hari.

"Wisatawan mancanegara hanya sekitar 10 persen saja," ujarnya.

Baca Lainnya : Libur Lebaran, Pantai Sasak Dipenuhi Ribuan Pengunjung

Aryono menjelaskan, banyak keunggulan wisatawan yang berkunjung ke lokasi candi tersebut. Hal ini karena para wisatawan tidak hanya melihat-lihat candi sebagai warisan budaya tetapi juga ikut belajar memahami sejarah bangsa.

Selain itu, pengelola juga menghadirkan hiburan-hiburan tambahan bagi pengunjung untuk lebih menikmati Candi Prambanan bersama keluarga. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jokowi Perintahkan Perkuat Ekonomi Desa di Tengah Pandemi

Peristiwa   25 Sep 2020 - 09:39 WIB
Bagikan:          
Bagikan: