Selama Libur Lebaran, Sudah 34 Orang Tenggelam di Pelabuhanratu

TrubusNews
Syahroni
19 Juni 2018   08:00 WIB

Komentar
Selama Libur Lebaran, Sudah 34 Orang Tenggelam di Pelabuhanratu

Pantai Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang terkenal rawan kecelakaan laut. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Di musim libur seperti saat ini, kawasan wisata biasa dipadati pengunjung. Sayangnya, dari banyaknya pengunjung yang datang, terkadang ada segelintir orang yang tidak mengindahkan peringatan yang telah dipasang pengelola kawasan wisata.

Seperti yang terjadi di kawasan Pantai Pelabuhanratu, Kebupaten Sukabumi contohnya. Di kawasan rawan kecelakaan laut ini, banyak pengunjung yang tidak mengindahkan tanda peringatan yang telah dibuat petugas. Akibatnya, kecelakaan laut masih saja terjadi.

Baca Lainnya : Libur Lebaran, Wisatawan Pantai Parangtritis Diimbau Tidak Berenang di Laut, Kenapa?

Bahkan menurut catata, hingga Senin (18/6) kemarin, sudah ada 34 pengunjung jadi korban tenggelam di sepanjang pantai tersebut. Yang lebih tragisnya, dua di antaranya meninggal dunia. 

Korban tenggelam tewas pertama Jossi (19), warga Kabupaten Bogor. Ia tenggelam dan terseret ombak, kemudian sempat hilang di Pantai Karang Naya. Kedua, anak laki-laki berusia 7,5 tahun bernama Rafael Rainer Iskandar ditemukan tewas tenggelam di Pantai Karanghawu.

Dari data yang dihimpun Balai Wisata Penyelemat Tirta (Balawista) Palabuhanratu, korban tenggelam paling banyak terjadi pada H+1 libur Lebaran yang mencapai 21 orang. Sementara H+2 sebanyak 9 orang. Bahkan H+3 jumlahnya sebanyak 1 orang. 

"Ada dua orang wisatawan yang tewas tenggelam. Korban tenggelam terjadi di  TKP Lama Laut di blok  Karang Naya, dan Pantai Karanghawu. Sementara sisanya sebanyak 32 orang berhasil lolos dari maut. Mereka berhasil diselamatkan setelah petugas gabungan dibantu warga  berhasil menyelamatkannya," kata  Ketua Harian Balawista Kabupaten Sukabumi, Yanyan Nuryanto, Senin (18/6) kemarin.

Baca Lainnya : Kawasan Wisata Pantai Diserbu Pengunjung, Puluhan Personel Basarnas Turun Gunung

Kejadian yang menimpam wisatawan, kata Yanyan Nuryanto, seluruhnya tersebar di pesisir selatan palabuhanratu. Korban tenggelam selamat dan tewas terjadi mulai dari Pantai Istiqomah, Cimaja, Karang Naya, Karang Hawu, Istana Presiden (IP), dan Kebon Kalapa. 

"Semua pesisir selatan sangat rawan tenggelam. Petugas penyelamat telah diterjunkan melakukan pengamanan di pesisir selatan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan korban tenggelam terus berjatuhan," katanya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: