Awas, Beri Makan Satwa di Ragunan, Pengunjung Bisa Berurusan dengan Polisi

TrubusNews
Astri Sofyanti
18 Juni 2018   19:00 WIB

Komentar
Awas, Beri Makan Satwa di Ragunan, Pengunjung Bisa Berurusan dengan Polisi

Ribuan pengunjung memadati Kebun Binatang Ragunan di saat libur lebaran. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Saat libur Lebaran, Kebun Binatang Ragunan yang berada di Pasar Minggu, Jakarta Selatan ramai dikunjungi wisatawan. Wajar saja, tempat wisata ini ramai dikunjungi karena jaraknya yang tidak jauh dari pusat kota dan harga tiket masuknya yang murah.

Namun, dengan meningkatnya jumlah pengunjung di Ragunan, pengelola terpaksa memperketat pengamanan. Terutama untuk melindungi satwa yang ada di kebun binatang tersebut. Salah satu caranya, dengan memperketat pengawasan terhadap para pengunjung yang memberikan makan kepada satwa di sana.

Baca Lainnya : Kebun Binatang Surabaya, Mendapat 3 Anggota Keluarga Baru, Siapa Kah Itu?

Pengelola Kebun Binatang Ragunan melarang pengunjung memberikan makan satwa di tempat wisata itu. Bahkan pengelola telah mengerahkan petugas khusus untuk menindak pengunjung yang nekat melanggar ketentuan itu.

"Petugas kami akan menangkap tangan dan menyerahkan ke polisi," kata Kepala Unit Taman Margasatwa Ragunan, Dina Himawati, Senin (18/6).

Langkah tersebut diambil guna menjaga kehidupan hewan di Ragunan. Pengelola sendiri menerapkan aturan berdasarkan Undang-Undang Konservasi. Selain mengawasi, petugas khusus yang dikerahkan juga bertugas memberikan edukasi kepada pengunjung tentang kebiasaan satwa di Ragunan.

"Satwa di sini 95 persen adalah hewan yang dilindungi. Jadi, jangan berbuat jahil," papar Dina.

Ia juga menyebutkan, seluruh satwa di Ragunan telah dijamin persediaan pakannya. Oleh sebab itu lah pengunjung tak perlu lagi memberi makan satwa.

Baca Lainnya : Viral, Pengunjung Kebun Binatang Bandung Berikan Rokok ke Orang Utan

"Jangan sampai memberi makan satwa yang justru mengancam kesehatan mereka. Satwa dilindungi wajib dijaga kesejahteraannya," sambungnya.

Tapi Dina mengaskan hingga hari ini belum ada pengunjung Kebun Binatang Ragunan yang ditangkap gara-gara memberi makan hewan. Ia juga berharap kesadaran dan kepedulian pengunjung semakin meningkat. Pengunjung pun menyadari bahwa hewan di Ragunan yang tak boleh memberi makan sembarangan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

KKP Hentikan Sementara SPWP Ekspor Benih Bening Lobster

Peristiwa   26 Nov 2020 - 17:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan: