BPBD Sleman: Destinasi Wisata Lereng Gunung Merapi, Aman Dikunjungi

TrubusNews
Astri Sofyanti
18 Juni 2018   12:00 WIB

Komentar
BPBD Sleman: Destinasi Wisata Lereng Gunung Merapi, Aman Dikunjungi

Lokasi wisata di lereng Gunung Merapi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, sampai saat ini masih rutin memantau keamanan kawasan di sekitar lereng Gunung Merapi. Terlebih, pada libur Lebaran 2018 ini, kawasan wisata di lereng Merapi tengah ramai dikunjungi. 

“Kami terus melakukan pemantauan di area sekitar tempat wisata di lereng Gunung Merapi, baik di wilayah barat maupun wilayah timur. Jadi setiap perkembangan aktivitas Gunung Merapi dapat diketahui masyarakat dan wisatawan dengan cepat," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman, Makwan di Sleman, Senin (18/6).

Baca Lainnya : Saat Lebaran, Masyarakat yang Tinggal di KRB Merapi Diminta Tetap Waspada 

Menurutnya dalam dua pekan ini, kondisi Gunung Merapi yang masih berstatus waspada atau level II tersebut masih aman terkendali.  Tidak ada peningkatan aktivitas Gunung Merapi yang signifikan.

"Saat letusan freatik pada 1 Juni lalu, hingga kini Gunung Merapi masih aman, hanya hembusan-hembusan kecil dengan ketinggian berkisar antara 100 sampai 200 meter," sambungnya.

Lebih lanjut pihaknya menyatakan, saat ini radius aman dari puncak Gunung Merapi masih tiga kilometer. Sedangkan objek wisata di lereng Merapi berada sekitar lima hingga tujuh kilometer dari puncak Gunung Merapi.

“Radius tersebut dinyatakan masih aman dan boleh dikunjungi,” lanjut Makwan.

Baca Lainnya : BPPTKG Sebut, Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi Masih Tinggi

Sejumlah objek wisata tersebut pada libur Lebaran terpantau sudah banyak dikunjungi wisatawan sejak H+1 atau Sabtu 16 Juni.

"Di kawasan Kaliurang seperti di Taman Bermain Anak, Tlogo Putri, Gardu Pandang dan Museum Gunungapi Merapi (MGM) sudah bayak wisatawan yang mengunjunginya," tutup Makwan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: