Dinas LH DKI: Tahun Ini, Sampah Lebaran Lebih Sedikit dari Tahun Sebelumnya

TrubusNews
Syahroni
18 Juni 2018   08:00 WIB

Komentar
Dinas LH DKI: Tahun Ini, Sampah Lebaran Lebih Sedikit dari Tahun Sebelumnya

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Saat sebagian warga Jakarta asyik menikmati libur lebaran, hal sebaliknya justru dialami para pejuang kebersihan. Yah, saat ibu kota ditinggal sebagian warganya, para petugas kebersihan masih menjalankan tugasnya untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih.

Hasilnya, selama libur lebaran tahun 2018 ini, tumpukan sampah nyaris tidak terlihat di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di seluruh wilayah DKI Jakarta. Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Aji mengatakan, pihaknya memang menginstruksikan jajarannya untuk mengosongkan TPS tepat pada H-1 lebaran.

Baca Lainnya : Ramadan, Volume Sampah di Jakarta Tambah Banyak

Langkah ini diambil guna mengantisipasi lonjakan penumpukan sampah di TPS. Namun ia mengatakan, kenyataannya penumpukan sampah justru tidak terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya. Isnawa menuturkan pada tahun sebelumnya jumlah sampah di DKI menurun saat H-1 Lebaran. Namun, yang terjadi tahun ini justru sebaliknya.

"Hari pertama lebaran, sampah yang dikirim ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang hanya 1.286 ton dengan 326 rit truk sampah dan pada H+1 Idul Fitri 2.060 ton dengan 409 rit truk sampah. Sedangkan pada H-1, total sampah mencapai 7.781 ton dengan 1.434 rit truk sampah," kata Isnawa dalam keterangan tertulis, Minggu (17/6) kemarin.

Ia menerangkan, pada tahun-tahun sebelumnya, jumlah sampah menurun sejak saat dimulainya cuti bersama dan beberapa hari menjelang lebaran. Namun tahun ini, Dinas LH DKI memprediksi puncak jumlah sampah di DKI akan terjadi menjelang cuti lebaran selesai. 

Baca Lainnya : Pemprov Jakarta Siap Bangun Pengolahan Sampah Jadi Energi Terbesar di Indonesia

"Diperkirakan puncak tonase penanganan sampah akan terjadi pada H+7, H+8, H+9 dan H+10, setelah cuti lebaran usai. Kami sudah mengantisipasi peningkatan tersebut. TPST Bantar Gebang tempat diprosesnya sampah Jakarta pun tetap beroperasi 24 jam selama libur. Sebanyak 300 personel ditugaskan piket di tempat pengelolaan sampah TPST Bantar Gebang," paparnya lagi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Presiden Jokowi Siapkan Labuan Bajo untuk Pertemuan G20

Peristiwa   20 Jan 2020 - 17:21 WIB
Bagikan:          
Bagikan: