Presiden Perpanjang Moratorium Izin Tata Kelola Hutan

TrubusNews
Binsar Marulitua
18 Juni 2018   06:00 WIB

Komentar
Presiden Perpanjang Moratorium Izin Tata Kelola Hutan

Ilustrasi lahan gambut (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo, telah menandatangani perpanjangan moratorium pemberian izin baru dan penyempurnaan tata kelola hutan alam primer dan lahan gambut.

Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan perpanjangan moratorium itu sebagai tindak lanjut atas selesainya masa berlaku Inpres Nomor 6 Tahun 2013 tentang penundaan pemberian izin baru dan penyempurnaan tata kelola hutan alam primer dan lahan gambut yang berakhir pada 13 Mei 2015.

Baca Lainnya : 2019, KLH Targetkan Penanaman DAS dan Hutan Lindung Seluas 230.000 Ha

"Presiden sudah setuju tanda tangan pada hari Rabu yang lalu untuk perpanjangan moratorium yang sudah dibahas secara teknis dalam beberapa hari kemarin pada tingkat teknis kementerian lingkungan hidup dan kehutanan dan sekretaris kabinet," katanya seperti dalam keterangan tertulis.

Siti Nurbaya mengatakan, ada usulan penguatan untuk hal tersebut yang datang dari sejumlah pihak Non Governmental Organizing (NGO) antara lain Walhi, Forest Watch, Kemitraan, dan juga Greenpeace.

Baca Lainnya : KLHK Luncurkan 'Simply Red' Untuk Rehabilitasi Hutan dan Lahan

"Materinya sudah dirangkum oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan akan dibahas, termasuk desain implementasinya secara bersamaan lintas kementerian," katanya.

Perpanjangan moratorium itu dalam bentuk instruksi presiden dan berlaku selama dua tahun hingga 2019. Dalam kurun waktu tersebut bila ada unsur-unsur penting dalam penguatan bisa diajukan sesuai prosedur. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: