Libur Lebaran Jadi Favorit Pembakar Lahan Beraksi

TrubusNews
M Syukur | Followers 0
14 Juni 2018   08:00

Komentar
Libur Lebaran Jadi Favorit Pembakar Lahan Beraksi

BPBD Riau memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah titik-titik api selama libur Lebaran 2018. (Foto : Kontributor Trubus.id/ M Syukur)

Trubus.id -- Suasana Lebaran akan dimanfaatkan pelaku kejahatan lingkungan untuk membuka lahan dengan cara membakar. Tak ayal, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah titik-titik api selama liburan panjang tahun ini.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Riau, Edwar Sanger, liburan merupakan kesempatan favorit para pelaku untuk membakar lahan, yang tujuan utamanya adalah membuka lahan pertanian maupun perkebunan baru.

"Untuk itu, disaat semua libur, kami tetap bertugas dan fokus. Baik patroli pencegahan hingga penanggulangan," kata Edwar di Riau.

Baca Lainnya : Jelang Lebaran, Personel Satgas Karhutla Tak Libur Padamkan Api

Menurutnya, beberapa kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau sering terjadi saat liburan. Pembakar merupakan warga pendatang yang membuka lahan dengan cara membakar, disaat petugas dianggap lengah dalam melakukan patroli. Menjadi tantangan satgas karhtula yang terdiri dari berbagai instansi, mulai dari TNI, Polri, BPBD, Pemprov Riau, BMKG, dan elemen masyarakat peduli api.

"Beberapa hari menjelang libur, BMKG mendeteksi lonjakan titik-titik api yang mengindikasikan karhutla dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen," sebut Edwar.

Baca Lainnya : Puluhan Titik Api Pertanda Karhutla Terdeteksi di Riau

Sementara itu, Komandan Resor Militer 031 Wirabima, Brigjen TNI Sonny Aprianto sebagai komandan Satgas Karhutla Riau menegaskan jika pihaknya dan unsur pendukung lain dalam satgas akan tetap siaga serta menjalankan tugas. Itu dilakukannya agar Riau bebas Karhutla sepanjang libur Lebaran 2018.

"Seperti yang teman-teman lihat, saya masih bertugas, begitu juga seluruh jajaran Satgas. Kita akan tetap bertugas meski libur Lebaran," tandas Sonny. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: