Dua Hari Sebelum Lebaran, Gunung Agung Erupsi Lagi

TrubusNews
Diah Fauziah | Followers 0
13 Juni 2018   12:00

Komentar
Dua Hari Sebelum Lebaran, Gunung Agung Erupsi Lagi

Erupsi Gunung Agung pada Rabu (13/6). (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Rabu (13/6) pukul 11.05 WITA, Gunung Agung di Karangasem, Bali, kembali erupsi. Gunung dengan ketinggian 5.142 meter di atas permukaan laut ini megeluarkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya dan barat.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 milimeter dan durasi sekitar 2 menit 12 detik," menurut keterangan dari Pos Pengamatan Gunungapi Agung, KESDM, Badan Geologi, PVMBG, Rabu (13/6).

Baca Lainnya : Gunung Agung Kembali Erupsi, Radius 4 Km dari Puncak Kawah Harus Dihindari

Hingga saat ini, status Gunung Agung berada pada level III atau siaga. Artinya, tidak boleh ada yang melakukan aktivitas apapun, baik itu masyarakat setempat atau pendaki, di seluruh area dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak.

Abu vulkanik teramati setinggi 2.000 meter di atas puncak Gunung Agung (Foto: Istimewa).

"Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis. Maka, terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling terbaru," menurut keterangan tersebut.

Baca Lainnya : Awas, Gunung Agung Kembali Erupsi

Hanya saja, masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung, agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan, terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

Saat ini, cuaca di sekitar Gunung Agung dilaporkan cerah dan berawan. Angin bertiup lemah ke arah barat. Suhu udara berkisar 19 hingga 29 derajat Celcius, dengan kelembapan udara 58 sampai 85 persen. [DF]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: