Jelang Lebaran, BMKG Deteksi Tiga Titik Panas di Aceh

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
11 Juni 2018   19:00

Komentar
Jelang Lebaran, BMKG Deteksi Tiga Titik Panas di Aceh

Ilustrasi (Foto : Pixabay/Ylvers)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, sebanyak tiga titik panas kembali terdeteksi oleh sensor modis satelit yang berada di wilayah Aceh.

"Jadi pagi ini terpantau tiga titik panas, setelah pada Minggu sore kemarin ada dua titik panas di Aceh," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang Aceh, Zakaria Ahmad, di Aceh Besar, Senin (11/6).

Baca Lainnya : Satelit BMKG Kembali Deteksi Lima Titik Panas yang Tersebar di Aceh

Ia menambahkan, ketiga titik panas tersebut berada pada dua kabupaten/kota, yakni di Kabupaten Aceh Selatan sebanyak dua titik panas, dengan lokasi penyebaran terkosentrasi di dua kecamatan, Bakongan dan Trumon Timur. Kemudian satu titik panas, berada di Kota Subulussalam yang terpantau ada di Kecamatan Rundeng dengan tingkat kepercayaan 62 persen.

Sebelumnya, pada pekan lalu kebakaran hutan dan lahan terjadi di Aceh Selatan yang menghaguskan lahan bergambut di dua kecamatan, yakni Bakongan dan Tapaktuan. Total luas lahan yang terbakar berjumlah lebih dari 55 hektare.

"Satu titik di Bakongan memiliki tingkat kepercayaan 49 persen, mungkin sisa-sisa kebakaran kemarin. Sedangkan di Trumon Timur patut diduga sebagai titik api, karena miliki tingkat kepercayaan 78 persen," sambungnya.

Baca Lainnya : BMKG Blang Bintang Temukan 2 Titik Panas Baru di Aceh, Tapi...

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) juga menyatakan, upaya yang dilakukan pihaknya saat ini adalah memutus rambatan api ke areal yang belum terbakar.

"Alhamdulillah, sudah 75 persen dapat diatasi kemarin. Mudah-mudahan tidak ada tambahan letupan api lagi," kata Kepala Pelaksana BPBA, Teuku Ahmad Dadek.

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: