Saat Lebaran, Masyarakat yang Tinggal di KRB Merapi Diminta Tetap Waspada 

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
11 Juni 2018   15:00

Komentar
Saat Lebaran, Masyarakat yang Tinggal di KRB Merapi Diminta Tetap Waspada 

Erupsi Gunung Merapi (Foto : Doc/ BNPB)

Trubus.id -- Masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana (KRB) lereng Gunung Merapi, terutama di wilayah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, diminta untuk tetap waspada saat merayakan Lebaran.

"Kami mengimbau warga yang tinggal di daerah KRB Merapi, apabila hendak berlebaran di kampung halaman tetap waspada memantau perkembangan Merapi," ujar Camat Selo, Jarot Purnomo di Boyolali, Senin (11/6).

Baca Lainnya : Menteri Jonan Sambangi Pos Pengamatan Gunung Merapi

Jarot menambahkan, warga bisa memantau kondisi Gunung Merapi dan meminta informasi dari instansi terkait, mengenai perkembangan terkini.

Ia menambahkan, warga yang tiba di kampung halaman Kecamatan Selo agar menjaga kesehatan, karena abu erupsi Merapi dapat mengganggu pernapasan dan penglihatan.

"kemudian, kami melarang masyarakat untuk sementara waktu mendaki sampai dinyatakan aman dalam level normal kembali. Pendakian ke puncak ditutup sejak Merapi meletus," imbuhnya.

Di sisi lain, Kepala BPBD Boyolali Bambang Sinungharjo mengatakan, walau Gunung Merapi berstatus waspada, tetapi warga Desa Tlogolele sudah tidak ada di tempat pengungsian sementara, dan sudah kembali ke rumah masing-masing.

Baca Lainnya : Aktivitas Gunung Merapi Meningkat, Ini Langkah BPPTKG

Terkait dengan arus mudik, Kepala Polres Boyolali, AKBP Aries Andhi mengatakan, pemudik yang mengarah ke Magelang dan sekitarnya dapat memanfaatkan jalur alternatif SSB saat kondisi Merapi masih aman dan tidak terjadi erupsi.

"Selama tidak terjadi gangguan Merapi, pemudik bisa gunakan jalur itu dan kondisi jalannya cukup mulus," tandasnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: