Tangani Lonjakan Harga Daging Ayam di Solo, Kemendag Turun Tangan

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
11 Juni 2018   10:00

Komentar
Tangani Lonjakan Harga Daging Ayam di Solo, Kemendag Turun Tangan

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ Ridwan Syamsu)

Trubus.id -- Kenaikan harga komoditas daging ayam di Kota Solo sudah cukup meresahkan. Tak hanya bagi pembeli, para pedagang ayam di Solo Raya juga ikut dirugikan karena harga dari peternak yang sudah melambung tinggi.

Untuk itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) terpaksa turun tangan menangani masalah ini. Bersama peternak dan dinas terkait, Kemendag siap menggelar operasi pasar daging ayam di empat pasar tradisional di Kota Solo, Jawa Tengah, mulai Selasa (12/6) mendatang.

Baca Lainnya : Harganya Naik Terus, Pedagang Ayam di Solo Raya Gelar Unjuk Rasa

Langkah ini ditempuh untuk mengendalikan harga yang naik signifikan hingga Rp38.000 per kilogram. 

"Dengan tingginya harga daging ayam ini, Mendag kemudian memerintahkan kami untuk bekerja sama dengan semua stakeholder untuk mengatasi masalah ini," kata Staf Khusus Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana usai memimpin rapat koordinasi dengan para peternak, Satgas Pangan Polresta Surakarta, dinas perdagangan setempat, di Kantor Sekda Kota Surakarta, Minggu (10/6) sore.

Ia mengatakan, dengan digelarnya operasi pasar daging ayam ditetapkan harga jual maksimal Rp33.000 per kg dan kemudian harga ayam hidup maksimal Rp21.000 per kg.

"Kami dari hasil rapat koordinasi dengan peternak ayam di Jateng dan dinas terkait akan menggelar operasi pasar di sejumlah pasar tradisional untuk menekan harga daging ayam yang rata-rata di Pasar Legi Solo mencapai Rp38.000 per kg," ucapnya.

Menurut Eva, stok daging ayam menurun dari pihak peternak dikarenakan beberapa hal antara lain soal adanya penyakit pada ternak unggas sehingga dampaknya ke harga pasar menjadi tinggi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta, Subagyo mengatakan, kegiatan OP daging ayam akan digelar di empat pasar tradisional di Solo yakni Pasar Ayam Semanggi, Gedhe, Legi dan Jungke Solo.

Baca Lainnya : Harga Telur dan Daging Ayam Tinggi, Ini Kata Kemendag

"Kegiatan OP daging ayam khusus Pasar Legi digelar dua kali yakni pada pukul 04.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB dan pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB, sedangkan lainnya pagi hingga siang," kata Subagyo.

Menurut Subagyo, pada OP daging ayam masyarakat yang membeli dibatasi yakni maksimal mencapai 3 kg per orang, sehingga semua dapat rata tercukupi kebutuhannya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: