Meski Sudah Memasuki Libur Lebaran, Program Sergab Masih Terus Berjalan

TrubusNews
Syahroni
11 Juni 2018   09:00 WIB

Komentar
Meski Sudah Memasuki Libur Lebaran, Program Sergab Masih Terus Berjalan

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Libur Lebaran rupanya tidak menjadi halangan bagi jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Bulog dan TNI untuk menjalankan tugasnya melakukan serap gabah (sergab) di tingkat petani. Di libur panjang yang disambung dengan cuti bersama Hari raya Idul Fitri, mereka terus melaksanakan kegiatan ini.

Buktinya, Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Mulyadi Hendiawan masih turun ke lokasi Sergab bersama Direktur Perlindungan Tanaman Kementan Tri Susetyo, Kepala Bulog Subdivre Solo, jajaran Kodim 0725 di Desa Gebang, Kecamatan Masaran, dan Desa Jurang Jero, Kecamatan Karang Malang Kabupatem Sragen, Minggu (10/6) kemamrin.

"Walapun libur kami tetap melakukan serap gabah petani, karena penting untuk mengisi dan  memperkuat cadangan beras pemerintah," kata Mulyadi.

Baca Lainnya : Mentan Minta Bulog Tingkatkan Serapan Beras Petani Lokal

Baca Lainnya : Mentan Targetkan Serapan Beras, Capai Tiga Juta Ton Tahun Ini

Menurutnya, panen di Kabupaten Sragen masih berlimpah. Sampai tanggal 8 Juni 2018 ini gabah yang terserap sudah mencapai 9.600 ton atau 109,58% dari yang ditargetkan pada Januari-Juni 2018 sebesar 8.760 ton. Sedangkan target serapan harian sebesar 292 ton.

Khusus serapan gabah, jumlah serapan gabah hingga Sabtu (9/6) yang dilakukan oleh Subdivre Bulog Surakarta diperkirakan mencapai 360 ton GKP, sehingga sampai Senin (11/6) Bulog dapat menyerap GKP sebanyak 1.180 ton.

"Karena panen masih melimpah, Bulog harus terus menyerap gabah petani agar harga stabil dan tidak jatuh. Kemudian diolah menjadi beras, dan dijadikan sebagai cadangan beras pemerintah," tambah Mulyadi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: